Lokasi: Home Adiwiyata Adiwiyata Budidaya Jamur

SMK Negeri 12 Malang

Budidaya Jamur

E-mail Cetak PDF

Budidaya Jamur

Budidaya Jamur merupakan salah satu budidaya yang tidak mengenal musim dan tidak membutuhkan tempat yang luas. Jenis-jenis jamur  yang  umum dibudidayakan ialah Jamur merang (VolvariellaVolvaceae) , Jamur tiram (PleurotusOstreatus) , Jamur kuping (AuriculariaPolytricha) , Jamur payung (LentinusEdodes) dan Jamur kancing (Agaricus Sp). Media untuk pertumbuhan jamur dapat menggunakan limbah yaitu limbah pertanian (MerangdanDaunpisang) dan limbah industry (SerbukGergaji) Jamur terdiri dari bermacam-macam jenis, Ada yang merugikan dan ada yang menguntungkan bagi kehidupan manusia. Jamur yang merugikan bagi kehidupan manusia. Jamur yang merugikan antara lain karena bersifat Pathogen yaitu dapat menyebabkan penyakit pada manusia,hewan,maupun tumbuhan.

Di SMKN 12 Malang terdapat budidaya jamur, Yaitu jamur tiram. Jamur tiram merupakan jamur pangandari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan cirri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Disebut jamur tiram sebab mempunyai tubuh yang ada tangkainya dan bisanya tumbuh disamping atau tumbuh menyamping dan bentuknya mirip sekali dengan tiram.

Jamur Tiram juga memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai anti Bacterialdananti   tumor . Jamur juga dipercaya mempunyai kasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit Lever,Diabetes .

 

Produk dari Jamur Tiram

 

 

 

 

 

 

1. BaksoJamur:

Bahan:

500 Gram Jamur Tiram

1 25 Gram Tepung Sagu

2 butir putih telur

Merica bubuk

2 siung bawang putih goreng (dihaluskan)

Garam

Bahan untuk kuah :

Merica secukupnya

2 siung bawang putih goreng

Kembangkol

Cara membuat kuah bakso jamur :

-Masukkan semua bahan bumbu kuah diatas kedalam air mendidih

1. Bahan pelengkap =

2.Bawang Goreng (jika suka)

3. Saus sambal

4. Kecap Manis

Cara membuat Bakso Jamur Tiram

1. Merendam jamur dengan air panas selama kurang lebih 5 menit,kemudian peras dengan menggunakan serbet. Lalu potong kecil-kecil jamur tersebut setalah itu ulek (jangan diblender karena hasilnya terlalu lembut) kemudian masukkan aci/tepung sagu, telur,bawang putih,garam,merica lalu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata.

2. Selanjutnya bulatkan adonan dengan ukuran sesuai selera kemudian masukkan ke air mendidih hingga terlihat mengapung. Setelah itu angkat dan sajikan bakso jamur tiram bersama kuah bakso yang telah dibuat sebelumnya.

Produk dari jamur Crispy

Cara membuat Jamur Tiram Crispy

1. Membuat bahan pencelupnya. Ambil satu wadah dan masukkan 100 gram. Tepung,baking powder,bawang putih yang sudah dihaluskan,garam dapur dan merica bubuknya.

2. Campur semua bahan sampai benar-benar tercampur sempurna

3. Beri air secukupnya atau kurang lebih sebanyak 250ml. campur dan aduk-aduk semua bahan sampai rata dan tidak ada gumpalan. Cicipi dulu dan tambahkan bahan lain apabila diperlukan.

4. Sekarang membuat bahan pelapis resep Jamurnya.Ambil satu wadah dan masukkan 500 gram tepung terigu,tepung maizena,merica bubuk,kaldu ayam,garam dan Baking powdernya aduk sampai semua bahan tercampur rata.

5. Sekarang proses pembuatannya. Masukkan jamur tiram yang sudah dicuci kedalam adonan celupannya

6. Masukkan jamur tiram yang sudah dicelup kedalam bahan pelapisnya. Gulirkan jamur tiram kedalamnya sampai semua bagian tertutup rata.

7. Siapkan penggorengan dengan api sedang dan beriminyak agak banyak sampai benar-benar panas

8. Masukkan jamur tiram crispy yang sudah diberi bahan pelapis dan goreng sampai matang atau bewarna kuning agak kecoklatan. Tiris kan sebelum dihidangkan.

Produk Nugget Jamur

Cara membuat:

1. Rebuslah terlebih dahulu jamur tiram yang akan digunakan sampai benar-benar empuk dan lunak, angkat

2. Blender lah jamur tiram tersebut sampai halus, angkat dan sisihkan.

3. Lalu udang yang sudah dibersihkan tadi dicincang kasar, dan simpan dalam satu wadah

4. Kemudian campurkan juga semua bahan termasu kjamur yang diblender tadi kedalam wadah yang disiapkan,jangan lupa bumbu yang dihaluskan juga

5. Mulai aduk rata adonan, bisa menggunakan tangan atau alat lainnya untuk menguleni,usahakan sampai rata

6. Bila sudah selesai, silahkan masukkan adonan kedalam Loyang berbentuk kotak kemudian kukus sampai matang sempurna

7. Bila sudah matang,mulai potong adonan tadi membentuk kotak agak panjang, lakukan sampai habis semua

8. Siapkan telur untuk celupan nya dalam wadah yang berbeda,lalu celupkan dan gulingkan diatas tepung roti yang sudah disiapkan juga

9. Nah, sekarang tinggal goreng nugget jamurnya, tunggu sampai matang dan berubah kecoklatan

10. Angkatdan nugget jamur siap dihidangkan.

NamaKelompok :

1. Amelia Indriani

2. Bella Dania

3. Nia Putri

4. Oktalia Kurnia

5. Rinda Andria

Terakhir Diupdate ( Senin, 01 Mei 2017 07:55 )  

SNMPTN 2014

SNMPTN 2014