Lokasi: Home Berita Umum SMKN 12 MALANG BEKERJA SAMA DENGAN PUSKESMAS POLOWIJEN MENYELENGGARAKAN SCREENING KESEHATAN

SMK Negeri 12 Malang

SMKN 12 MALANG BEKERJA SAMA DENGAN PUSKESMAS POLOWIJEN MENYELENGGARAKAN SCREENING KESEHATAN

E-mail Cetak PDF

SMKN 12 MALANG BEKERJA SAMA DENGAN  PUSKESMAS POLOWIJEN MENYELENGGARAKAN SCREENING KESEHATAN

Selasa-Rabu, 18-19 September 2018 SMKN 12 Malang menyelenggarakan Screening Kesehatan bagi siswa kelas x. Screening ini dilaksanakan di Ruang UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). Adapun tujuannya adalah untuk mendeteksi secara dini kondisi kesehatan dan penyakit yang diderita oleh siswa-siswi SMKN 12 Malang.

Screening Kesehatan ini diselenggarakan atas kerjasama UKS SMKN 12 Malang dan Puskesmas Polowijen.

Dari Puskesmas Polowijen dikirim 14 orang tenaga medis yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, bidan, dan perawat. Mereka melaksanakan pemeriksaan kesehatan dengan teliti dan penuh kesabaran.

Ada 650 siswa yang mengikuti kegiatan screening ini. Mereka berasal dari 6 jurusan yang ada di SMKN 12 Malang yaitu: multimedia, TKJ, RPL, TKR, akuntansi, dan TBSM.

 

Adapun materi screening tersebut terdiri dari:

1. Pemeriksaan kesehatan mata/penglihatan

2. Pemeriksaan kesehatan telinga/pendengaran

3. Pemeriksaan kesehatan alat Reproduksi

4. Pemeriksaan kesehatan dan status gizi

5. Pemeriksaan kesehatan gigi.

Bagi para siswa sendiri, kegiatan screening kesehatan ini banyak keuntungannya, antara lain mereka bisa mengetahui kondisi kesehatannya dan penyakit yang mungkin dideritanya sedini mungkin.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, ada 85 orang siswa yang dirujuk ke Puskesmas Polowijen untuk mendapatkan pelayanan lebih lanjut. Mereka rata-rata memiliki masalah yang berhubungan dengan rongga mulut, namun sejauh ini tidak membahayakan. Hanya perlu penanganan yang lebih intensif demi kesehatan selanjutnya.

Penanganan kesehatan ini sepenuhnya dibiayai pemerintah. Para siswa hanya dibekali surat pengantar juga pemberitahuan kepada orang tua.

Semoga kegiatan seperti ini terus rutin dilaksanakan, terutama demi memantau dan menjaga kesehatan generasi muda. Karena kesehatan adalah salah satu modal untuk berprestasi. Bila generasi muda kita sehat dan berprestasi, maka masa depan bangsa ini juga akan cemerlang.

 

By: AlviraDwi-Timjurnalistiksmecatwolasma

 

Menu



SNMPTN 2014

SNMPTN 2014