Lokasi: Home Berita Umum Tim Animasi SMK Negeri 12 Malang menjadi Juara II Lomba "JIBTC Se-Jawa Bali"

SMK Negeri 12 Malang

Tim Animasi SMK Negeri 12 Malang menjadi Juara II Lomba "JIBTC Se-Jawa Bali"

E-mail Cetak PDF

Tim Animasi SMK Negeri 12 Malang menjadi Juara II Lomba "JIBTC Se-Jawa Bali"

Kali ini Siswa Jurusan Multimedia SMKN 12 Malang Meraih Juara II Se-Jawa-Bali.

Dalam perlombaan tersebut tim terbaik Multimedia SMKN 12 Malang yang terdiri dari 3 siswa kelas XII Multimedia 2 yaitu Santika Putri Nilam Sari, Auliyaa Izatun Nur Zahra, dan Muhammad Sandy Pratama Putra, meraih Juara II Lomba Animasi Se-Jawa-Bali.

dalam kompetisi tersebut, mereka membuat video animasi yang mereka selesaikan selama satu minggu. Berikutnya mereka unggah ke youtube untuk diseleksi. Dan alhamdulillah, tim tersebut masuk grand final.

Selanjutnya mereka diundang ke Universitas Negeri Malang untuk melakukan seminar pada hari Sabtu tanggal 29 September 2018, dan hari Minggu tanggal 30 September 2018 mereka presentasi.

Tema dari animasi tersebut ditentukan oleh Universitas Negeri Malang yaitu INDONESIAN CULTUR AND CREATIVITY. Lalu tim dari SMKN 12 Malang memberi judul pada karyanya "Sahabat Klasik". Animasi ini menceritakan tentang sekumpulan sahabat yang selalu bermain bersama. Mereka terdiri dari Slamet, Munel, Siti, dan Joko. Dalam cerita tersebut terdapat amanat yang disampaikan yaitu kita harus menjaga kebudayaan Indonesia meskipun zaman telah berganti.

Dalam kompetisi tersebut tim SMKN 12 Malang bersaing dengan 6 tim dalam babak grand final yang merupakan perwakilan siswa SMK/SMA Se-Jawa-Bali. Dan pada akhirnya mereka mendapat Juara II Se- Jawa-Bali.

Menurut Santika, salah satu angota tim "Di SMKN 12 Malang tidak ada pelajaran animasi. Dulu ada tapi hanya dasar saja, jadi belum terlalu jago."  Namun meskipun pendapat Santika belum jago, tapi kenyataannya, mereka cukup membanggakan.

Adapun kesan mendalam yang dirasakan anggota tim, mereka merasa senang diberi kesempatan dan kepercayaan oleh sekolah.

Adapun tentang proses pembuatan animasi itu sendiri mereka rasakan sangat sulit, namun berkat kerjasama tim, semua bisa dikerjakan dengan maksimal.

Harapan bagi SMKN 12 Malang selanjutnya, menurut Santika,  semoga suatu saat nanti bisa meraih prestasi yang lebih tinggi dari apa yang telah meteka raih.

Hadiah yang mereka peroleh dari lomba tersebut, yaitu sertifikat dan uang tunai sebesar Rp 1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah).

Selamat Tim Animasi SMKN 12 Malang! Kami bangga pada kalian! Ayo kita gali terus potensi dan prestasi siswa-siswi SMKN 12 Malang! SMK BISA!!!

By: Catur&AlviraDwiTimJurnalistikSmechatwolasma

 

Menu



SNMPTN 2014

SNMPTN 2014