Adiwiyata

Adiwiyata

Ditulis oleh: Sely Ruli Amanda, Kelas X TKJ-1

Adiwiyata adalah sebuah program dalam upaya mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran akan lingkungan hidup. Program ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian bagi warga sekolah untuk melestarikan lingkungan. Dalam hal ini, diharapkan seluruh warga sekolah ikut berperan dalam upaya menuju lingkungan sehat dan menghindarkan dampak negatif dari lingkungan.

Sebenarnya adiwiyata memiliki peran yang sangat besar bagi lingkungan dan seluruh penghuni suatu sekolah. Selain menciptakan keadaan yang baik bagi sekolah demi terselenggaranya kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, adiwiyata juga memiliki andil dalam hal kesehatan, baik kesehatan lingkungan maupun kesehatan penghuninya. Jika sudah tercipta lingkungan yang bersih dan sehat, maka akan tercipta juga manusia-manusia unggul yang akan mencapai kegemilangan.

Program adiwiyata bukanlah sembarang program, karena harus berlandaskan pada beberapa norma, seperti kebersamaan, kekeluargaan, kejujuran, keterbukaan, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta sumber daya alam.

Dalam pelaksanaannya, adiwiyata tidak dapat dipisahkan dari peran serta seluruh warga sekolah. Apabila warga sekolah tidak saling bersinergi untuk mewujudkan sekolah yang berbudaya lingkungan, maka pengaplikasian adiwiyata di sekolah tidak akan terwujud. Dengan kata lain, partisipasi seluruh warga sekolah adalah hal utama yang harus diperhatikan.

Selain itu, adiwiyata juga berdiri berdasarkan prinsip-prinsip, antara lain partisipatif, yang mengharapkan tergeraknya seluruh warga sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat; berkelanjutan, yaitu kegiatan harus dilaksanakan secara terencana dan terus-menerus; dan edukatif, yaitu adanya orientasi pembelajaran khususnya bagi para siswa terkait dengan adiwiyata.

Apabila pelaksanaan adiwiyata sudah berjalan dengan baik, maka akan dirasakan manfaatnya, seperti :
1. Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
2. Mengubah perilaku warga sekolah untuk mewujudkan sekolah yang berbudaya lingkungan.
3. Sebagai sarana edukasi yang akan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menghemat energi yang digunakan, serta otomatis juga menghemat dana yang dikeluarkan.
5. Menjadikan lingkungan sekolah menjadi lingkungan yang nyaman untuk proses belajar mengajar.

Capaian akhir dari adiwiyata ini yaitu terbentuknya sekolah yang berwawasan lingkungan, yang selalu mengutamakan keseimbangan dan keserasian lingkungan hidup guna kehidupan yang lebih baik. Selain itu, pengajaran yang berbasis lingkungan juga diharapkan dapat menjadi tonggak terselenggaranya program adiwiyata.

Let’s improve the environment! Tidak usah menunggu esok atau nanti, but start from now!

*) Penulis adalah anggota Ekskul Jurnalistik Smechatwolasma dan Pecinta Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top