DIKLAT DAN SERAH TERIMA JABATAN BDI ULUL ALBAB SMKN 12 MALANG PERIODE 2020/2021

Masa pandemi yang notabenenya dianggap sebagai penghalang untuk melakukan segala aktivitas, ternyata tidak menghalangi pegiat salah satu ekstrakurikuler ini untuk tetap melaksanakan agendanya. Walaupun semua dilaksanakan dengan keterbatasan waktu dan ruang gerak, namun protokol kesehatan tetap di nomor satukan. Adalah BDI Ulul Albab SMK Negeri 12 Malang yang menyelenggarakan Diklat dan Sertijab Periode 2020/2021 pada Kamis, 26 November 2020 lalu.

Dengan mengantongi beberapa nama yang telah tergabung dan ditetapkan sebagai Calon Anggota BDI yang wajib melaksanakan diklat, maka diputuskan diklat diperuntukkan untuk kelas 10 dan 11. Adapun diklat untuk kelas 10 bertujuan untuk meresmikan keanggotaan BDI, sedangkan diklat untuk kelas 11 dimaksudkan untuk persiapan dan pemantapan menjadi pengurus selanjutnya.

Dengan mempertimbangkan beberapa hal, diklat tahun ini tidak diselenggarakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Sekolah hanya memberikan waktu sampai pukul 14.00 WIB, yang itu artinya panitia harus terampil dalam menyusun rundown serta memastikan acara berjalan dengan semestinya.

Adapun rangkaian acara adalah sebagai berikut:

Pukul 07.00 WIB acara dimulai dengan pembukaan oleh Waka Kesiwaan, Bapak M. Arif Wicaksono, S.Pd dan Pembina BDI yang diwakilkan oleh Bapak Marukdin, M.PdI di Bale Batik. Dalam pidato pembukaannya, beliau berdua sama-sama menyampaikan harapan acara berjalan dengan baik dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tentu saja hal ini diindahkan oleh seluruh peserta, mereka mengenakan masker dan duduk berjarak serta telah dicek suhu tubuh, mencuci tangan, dan dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum memasuki ruangan.

Pukul 07.15 WIB semua peseta bertolak ke masjid untuk melaksanakan shalat dhuha. Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Ramli, S.Ag dan Bapak Achmad Khofiyulloh, M.Pd yang juga menyampaikan beberapa materi.

Pukul 08.00 WIB dilakukan pemberian materi tentang keorganisasian oleh Bapak Syaiful Anwar Dhartamuda, M.Pd.

Pukul 08.30 WIB, Ibu Lissa’adah M.PdI juga turut memberikan materi. Kali ini beliau menyampaikan materi tentang kegiatan ekstrakurikuler BDI.

Pukul 09.00 WIB pemberian materi tentang Ibadah Dasar yang disampaikan oleh Bapak Marukdin, M.PdI.

Pukul 09.30 WIB peserta diberi waktu untuk memakan snack, dan dilanjutkan dengan hafalan serta post test.

Pukul 11.30 WIB dilaksanakan ISHOMA

Pukul 12.00 WIB adalah masa-masa penentu. Karena dilakukan pemilihan kandidat ketua dan wakil BDI periode 2020/2021, dilanjutkan dengan penyampaian visi misi dari masing-masing kandidat, dan diakhiri dengan voting atau pemungutan suara terbanyak untuk menentukan pemimpin BDI selanjutnya.

Pukul 13.00 WIB dilaksanakan Serah Terima Jabatan BDI Ulul Albab SMK Negeri 12 Malang dari periode 2019/2020 ke periode 2020/2021. Wajah-wajah tegang terpancar dari seluruh peserta, khususnya kandidat yang telah terpilih menjadi ketua dan wakil BDI periode 2020/2021. Setelah menandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan BDI periode 2019/2020 ke periode 2020/2021 resmi sudah regenerasi pengurus BDI dilakukan.

Dengan terpilihnya M. Ario Ariestna sebagai ketua yang menggantikan Ika Wulan Agustin, genap sudah seluruh rangkaian acara. Terhitung pelaksanaan diklat yang ke-4 kalinya di SMK Negeri 12 Malang tahun ini terbilang sukses.

Teruntuk pengurus periode 2019/2020 terimakasih atas dedikasi yang telah diberikan. Tidak ada perjuangan yang sia-sia. Semoga lelah kalian menjadi berkah.

Teruntuk pengurus periode 2020/2021 selamat atas terpilihnya. Nama-nama yang telah terpilih bukanlah hitam di atas putih yang tidak memiliki arti apa-apa. Ada tugas yang harus dituntaskan, ada amanah yang harus dijaga, pun ada harapan yang harus diperjuangkan. Semangat untuk kalian semua!!! Semoga di tangan kalian BDI Ulul Albab SMK Negeri 12 Malang bisa lebih baik dan tentu saja dapat mewujudkan visi misi secara konkret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *