Diklat Paskibra Satrapamulya SMKN 12 Malang Periode 2018/2019 sebagai Sarana Peresmiaan Anggota Baru

Diklat Paskibra Satrapamulya SMKN 12 Malang Periode 2018/2019 sebagai Sarana Peresmiaan Anggota Baru

Tanggal 20 Januari 2019 adalah hari yang ditunggu-tunggu semua anggota Capas (Calon Paskibra) Satrapamulya SMKN 12 Malang. Paskibra Satrapamulya (Sasana Sastra Pambukaning Kamulyan) adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Merah Putih. Diklat Paskibra Satrapamulya ini bertujuan untuk mengembangkan kegiatan kepaskibraan serta ujian bagi calon anggota paskibra SMKN 12 Malang dan mempersiapkan fisik serta mental yang tangguh bagi anggota Paskibra Satrapamulya.

Minggu, 20 Januari 2019 Paskibra Satrapamulya SMKN 12 Malang mengadakan diklat yang bertempat di lingkungan SMKN 12 Malang. Diklat ini bertujuan untuk penerimaan anggota baru serta menambah saudara baru di Paskibra Satrapamulya. Diklat ini diikuti oleh 32 peserta, diantaranya dari 9 putra dan 23 putri yang keseluruhannya berasal dari kelas 10.

Dari awal sampai akhir, Rangkaian acara terlihat sangat seru, berikut adalah rangkaian acara Diklat Paskibra Satrapamulya:

1. Pukul 06.00 – 06.30 WIB
Semua anggota Capas Satrapamulya mempersiapkan pasukannya untuk orientasi medan dari gerbang sampai lapangan indoor.

2. Pukul 06.30 – 06.50 WIB
Semua anggota Paskibra Satrapamulya melaksanakan apel pembukaan seperti kegiatan latihan hari sabtu yang tidak lupa dengan apel pembukaan maupun penutupan.

3. Pukul 06.50 – 07.20 WIB
Anggota Capas Satrapamulya mulai melakukan kegiatan diklat dengan mengecek perlengkapan, seperti barang bawaan, handphone, kunci sepeda, jam tangan atau aksesoris lainnya harus dikumpulkan kepada kakak/abang senior.

4. Pukul 07.20 – 08.00 WIB
Calon Paskibra Satrapamulya melakukan pemanasan fisik seperti biasa yaitu push up, sit up, back up tremor. Dalam aktivitas ini, senior bukan ingin menghukum juniornya, tetapi senior ingin untuk memanaskan puncak fisik mereka dan mengingatkan kembali kepada para junior pada waktu diberikan pengetahuan saat menjadi capas pertama kali sampai melaksanakan diklat. Semua itu dilakukan agar semua junior tidak kaget saat sudah menjadi anggota Paskibra Satrapamulya.

5. Pukul 08.00 – 09.30 WIB
Kegiatan selanjutnya adalah jalan jauh. Semua Capas Satrapamulya berjalan mengikuti rute yang diagendakan. Rute perjalanan pertama adalah dari sekolah berjalan ke arah persawahan dan tidak lupa mereka membawa roti sisir dan air minum. Sampai di sekitar kuburan senior mengistirahatkan semua anggota capas untuk memakan roti sisir. Setelah itu rute kedua, perjalanan dimulai lagi anggota capas berjalan ke sungai yang tidak jauh dari kuburan untuk membersihkan diri dari luluran lumpur yang menempel pada tubuh mereka. Rute ketiga, setelah mereka merasa sudah bersih, semua anggota capas berjalan melewati sebuah jembatan kecil yang menjadi jalan tembusan untuk sampai ke Jurang Cinta. Setelah melewati Jurang Cinta semua anggota capas terus berjalan kembali sampai tiba di sekolah.

6. Pukul 09.30 – 11.00 WIB
Alur kegiatan yang keenam yaitu post test. Post test adalah pengujian materi. Para senior akan menguji semua anggota Capas Satrapamulya dengan materi-materi yang sudah diajarkan saat menjadi anggota capas. Senior juga ingin tahu bagaimana tanggapan mereka saat diberi pertanyaan dan ditest oleh senior. Ini adalah rangkaian acara yang paling menegangkan karena dalam momen ini kepribadian peserta capas yang sebenarnya terungkap dan semua pertanyaan yang dilontarkan wajib dengan jujur oleh peserta diklat.

7. Pukul 11.00 – 11.20 WIB
Kegiatan yang seru dan menantang bagi anggota Capas Satrapamulya yaitu yel-yel kreasi. Kegiatan ini dibuat untuk ajang kreasi mereka dan kreativitas maupun kekompakan dari Anggota Capas Satrapamulya.

8. Pukul 11.20 – 12.00 WIB
Tidak terasa waktu begitu cepat, adzan pun berkumandang, ishoma pun dilaksanakan. Dengan tertib semua anggota Capas Satrapamulya yang menunaikan ibadah sholat segera berangkat ke Masjid Ulul Albab, SMKN 12 Malang.

9. Pukul 12.00 – 13.00 WIB
Pemberian Materi Keorganisasian dan Kesenioritasan dari Pelatih Paskibra Satrapamulya.

10. Pukul 13.00 – 13.40 WIB
Kegiatan selanjutnya adalah wawancara. Semua anggota Capas Satrapamulya yang keseluruhannya adalah kelas 10 diwawancarai oleh senior kelas 12 tentang keinginannya setelah menjadi anggota Paskibra Satrapamulya itu ingin masuk di devisi apa.

11. Pukul 13.40 – 14.30 WIB
Kegiatan berikutnya adalah pengukuhan dari anggota capas menjadi Anggota Paskibra Satrapamulya.

12. Pukul 14.30 – 14.40 WIB
Adalah apel penutupan yang diikuti oleh seluruh anggota Paskibra Satrapamulya.

13. Pukul 14.40 – 15.00 WIB
Semua anggota Paskibra Satrapamulya melakukan bersih-bersih base camp. karena datang bersih pulang juga harus bersih.

Dengan berakhirnya acara diklat tersebut, resmilah seluruh peserta diklat menjadi anggota Paskibra Satrapamulya Periode 2018/2019.

Acara tersebut bukanlah kegiatan penerimaan anggota baru semata, namun untuk selanjutnya yang pasti seluruh anggota paskibra mempunyai harapan, visi, dan misi yang harus dituntaskan dan juga program kerja yang perlu diwujudkan agar tidak hanya menjadi wacana belaka.

Harapan dari Kak Salma sebagai Ketupel (Ketua Pelaksana) untuk semua anggota Paskibra Satrapamulya Periode 2018/2019 adalah “Semoga lebih bertanggung jawab, profesional, aktif, kebersamaannya tetap satu, dan lebih dewasa bisa menempatkan dirinya sesuai organisasinya dan juga berjiwa Kepemimpinan”.

Ayo bangkitkan keinginanmu untuk mencapai tujuan. Sukses bukanlah final, kegagalan tak terlalu fatal. Keberanian untuk melanjutkanlah yang lebih penting. Keep Strong, Keep Fight and Do The Best.

By : Mila-TimJurnalistikSemchatwolasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top