Guru Tamu Kelas Industri Perpajakan Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Salah satu agenda rutin dari Kelas Industri Perpajakan Kerjasama SMKN 12 Malang dengan  PT. CIPTA SARANA CENDEKIA (CSC) adalah dengan Kegiatan Guru Tamu.

Selasa, 24 November 2020 telah dilaksanakan kegiatan Guru Tamu tersebut dengan Tema Jenjang Profesi Akuntan dan Etika Profesi.

Semakin berkembangnya dunia bisnis menuntut ketersediaan tenaga kerja yang terampil dan kompeten dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Hal tersebut memiliki dampak secara langsung terhadap sistem pendidikan yang berjalan, terutama pada tingkat pendidikan kejuruan seperti program vokasi maupun pendidikan SMK.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur PT. CSC, Bapak Alfianto Cahyono, SE. Dari pihak smkn 12 malang, menghadirkan  Guru produktif Akuntansi. Seluruh siswa Kelas XI AKL 1 yang merupakan siswa kelas industry sejumlah 36 siswa mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Alfi selaku Direktur PT. CSC. Beliau mengawali materi Guru Tamu dengan Pertanyaan ” Kemana Anda setelah SMK ?”

Berbagai jawaban dari siswa terkait pertanyaan tersebut, hampir 70% siswa menjawab ingin bekerja. Sisanya ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri maupun ke pendidikan Vokasi. Tingginya minat siswa yang ingin bekerja, nyatanya tidak dibarengi dengan pemahaman siswa terkait bidang keahlian Akuntansi.

Kegiatan Guru Tamu berlanjut dengan penjelasan yang detail terkait dengan bidang -bidang keahlian Akuntansi dan Jenjang karir akuntansi. Berbagai jenis sertifikasi yang bisa diambil seperti Chartered Account (CPA) Certified Public Accountant (CA), Certified Management Accountant (CMA) dan masih banyak lagi yang lainnya dengan berbagai kualifikasi dan tujuan  yang berbeda.

Kemampuan bahasa Inggris juga sangat penting bagi lulusan akuntansi SMK. Selain menambah nilai plus saat interview kerja, juga dapat menambah kepercayaan diri yang merupakan modal utama dalam mencari kerja.

Tanya jawab berlangsung seru dan tertib. Siswa banyak bertanya terkait dunia kampus dan tips interview agar lolos.

Kegiatan ini ditutup sekitar Pukul 11.00 WIB dengan penekanan bahwa siswa XI AKL 1 yang merupakan kelas Industri berada di “tangan” yang tepat untuk penguatan kompetensi bidang Akuntansi dan Perpajakan sebagai bekal saat mereka menyelesaikan Pendidikan nya di SMKN 12 Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *