Job Matching SMK Negeri 12 Malang sebagai Sarana Mempertemukan Pencari Kerja dan Peluang Kerja

Job Matching SMK Negeri 12 Malang sebagai Sarana Mempertemukan Pencari Kerja dan Peluang Kerja

Jika kita bicara tentang karier pasti kita berpikir bahwa karier kita harus seperti kebanyakan orang. Untuk mencapai itu semua SMK Negeri 12 Malang mengadakan kegiatan Job Matching atau yang biasa disebut dengan Job Fair

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya, apa itu Job Matching? Job Matching adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dunia usaha dan industri terhadap kemampuan/kompetensi yang dimiliki pencari kerja sesuai lowongan pekerjaan atau posisi jabatan yang tersedia di dunia industri atau dunia usaha. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan pencapaian target persentase lulusan SMK yang bekerja. Maka suatu keharusan untuk diadakan kegiatan pemasaran tamatan SMK dengan dunia industri, salah satunya melalui kegiatan Job Matching ini.

Tujuan Job Matching adalah mempertemukan tamatan SMK dengan dunia usaha dan dunia industri yang memerlukan tenaga kerja tingkat menengah, memberi peluang saling berinteraksi antara tamatan SMK untuk menawarkan potensi yang mereka miliki kepada dunia usaha dan industri yang memerlukan tenaga kerja, meningkatkan hubungan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri, serta meningkatkan wawasan tamatan SMK tentang peluang-peluang kerja di dunia usaha dan industri.

Untuk itu, SMK Negeri 12 Malang juga berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan ini, yang diselenggarakan pada Sabtu, 28 September 2019. Dalam pelaksanaannya acara Job Matching ini tidak hanya mengenalkan dunia kerja tetapi di SMK Negeri 12 juga ada kegiatan seperti bazar, penampilan ekskul band, penampilan tari, patrol, pencak silat, banjari, dan pentas seni lainnya.

Tidak hanya siswa-siswi dan alumni SMK Negeri 12 Malang yang mengikuti kegiatan Job Matching, tetapi bisa siapa saja yang membutuhkan pekerjaan untuk mengikuti kegiatan ini. Pada acara ini, beberapa SMK di Kota atau Kabupaten Malang pun ikut berpartisipasi, seperti SMK Negeri 10 Malang, SMK Negeri 2 Batu, SMK El Hayat, dan beberapa SMK lainnya. Perusahaan yang datang pun juga tidak sedikit, terhitung 28 perusahaan yang turut hadir dalan acara ini.

Semoga dengan adanya kegiatan Job Matching ini bisa mengurangi jumlah pengangguran, memudahkan lulusan SMK dalam mencari pekerjaan, serta meningkatkan SDM ketenagakerjaan.

By: Niken-Timjurnalistiksmechatwolasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top