Keseruan Seminar Winning Job Interview di SMK Negeri 12 Malang

Keseruan Seminar Winning Job Interview di SMK Negeri 12 Malang

Oleh: Siti Amalia Fitriani, Kelas XII TKJ-2

Pada hari Jumat, 15 Februari 2019 SMK Negeri 12 Malang mengadakan seminar yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XII. Seminar yang diadakan mengusung tema “Cara Memenangkan Interview Kerja”.

Banyak sekali ilmu yang didapatkan siswa-siswi kelas XII dari seminar tersebut. Di antaranya apa saja yang harus disiapkan dalam mencari pekerjaan, cara membuat surat lamaran yang benar, kiat-kiat menghadapi tes wawancara, dan masih banyak lagi.

Dalam acara yang diisi oleh Bapak Syamsul Hatta tersebut, para siswa diajak untuk mengenali kemampuan diri, belajar untuk percaya diri dalam menyebutkan segala nilai positif dalam diri, dan mengakui kelemahan yang ada pada diri kita. Selain itu, peserta juga diajarkan banyak hal yang tidak boleh dilakukan dalam penulisan surat lamaran, mengambil pas foto untuk dilampirkan di surat lamaran, dan pemilihan metode penulisan surat lamaran.

Siswa-siswi juga diberi bagan-bagan yang harus ada di dalam surat lamaran beserta contoh yang dipaparkan langsung oleh Bapak Syamsul sehingga sangat mudah dipahami; terlebih pembawaan beliau yang sangat menarik perhatian siswa.

Selain itu, peserta juga diberi fasilitas untuk belajar membuat surat lamaran yang nantinya akan dikoreksi langsung oleh beliau beserta timnya.

Selain tentang penulisan surat lamaran, para peserta juga diberi pengetahuan tes wawancara yang biasa dilakukan oleh perusahaan, diberi paparan contoh pertanyaan yang sering muncul saat proses wawancara, dan juga cara menjawab pertanyaan tersebut dengan cerdas.

“Pak, bagaimana jika ada lowongan kerja yang tidak sesuai dengan jurusan saya tapi saya ingin melamar?” tanya seorang salah siswi, dan pertanyaan yang muncul ini adalah salah satu yang sering dihadapi dalam melamar pekerjaan. Kemudian dijawab oleh Bapak Syamsul bahwa kita boleh mencoba melamar walaupun tidak sesuai jurusan, asalkan kita memiliki kemampuan di bidang tersebut dan harus mencantumkan pengalaman yang pernah dilakukan.

Adanya seminar ini, sangat bermanfaat bagi siswa SMK Negeri 12 Malang. Karena mayoritas dari lulusan SMK akan terjun ke dalam dunia kerja.

Semoga ilmu yang telah disampaikan oleh Bapak Syamsul Hatta bisa bermanfaat bagi siswa-siswi SMKN 12 Malang dalam melamar pekerjaan.

Good luck! SMK Bisa! 💪💪💪

*) Reporterlepas-Jurnalistiksmechatwolasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top