Kunjungan Industri SMKN 12 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019

Kunjungan Industri SMKN 12 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019

Kunjungan Industri (KI) merupakan salah satu jenis kegiatan pembelajaran di luar lingkungan sekolah untuk menambah wawasan siswa serta untuk melihat langsung bagaimana suasana atau kondisi industri yang sesuai dengan program keahlian masing-masing.


Kegiatan ini perlu diadakan mengingat manfaat yang ditimbulkan sangat banyak, terutama bagi siswa SMK yang memang benar-benar dipersiapkan untuk siap bekerja setelah lulus.

Berkaitan dengan hal tersebut, SMKN 12 Malang juga turut mengadakan agenda yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatan ini diikuti oleh semua jurusan kelas X pada tanggal 10-12 April 2019.

Adapun tempat tujuan dari KI pada tahun ini adalah Yogyakarta untuk program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Multimedia (MM), Akuntansi (AK), dan Jakarta untuk Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Dari semua jurusan tersebut, tentu tempat tujuan Kunjungan Industri juga berbeda-beda, mulai dari jurusan RPL ke Gameloft, TKJ ke BATAN, AK ke PT Mirota KSM, MM ke Economy Creative Park Universitas AMIKOM, dan TBSM ke AHM.

Kegiatan ini tentu membawa banyak manfaat, antara lain:
1. Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2. Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3. Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4. Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5. Mendapat gambaran saat akan bekerja di industri atau ingin membuat sebuah industri.

Selain melaksanakan Kunjungan Industri, pada kesempatan kali ini siswa juga diajak mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Pantai Parangtritis dan Candi Prambanan di Yogyakarta serta Monumen Nasional di Jakarta. Jadi, mereka bisa belajar sekaligus berwisata.

Kegiatan semacam ini diharapkan terus diadakan setiap tahunnya agar siswa lebih mendapat banyak pengalaman sebelum benar-benar memasuki dunia industri. Selain itu, untuk para siswa sendiri juga diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan semacam ini dengan sebaik-baiknya. Mereka diharapkan banyak menyerap ilmu yang diberikan oleh pihak industri yang selanjutnya dapat diterapkan di sekolah dalam program keahlian masing-masing. Apabila hal ini dapat dilaksanakan, maka SMKN 12 Malang akan dapat menciptakan generasi-generasi cemerlang yang siap bekerja dan beretika.


Ayo terus semangat untuk para generasi Smechatwolasma!! Terus bangun gebrakan dan terobosan-terobosan baru!!

Go Ahead and Show The World That We Can We Great.

By: Sely-Timjurnalistiksnechatwolasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top