Outing Class Batch II: Agenda Tahunan Kompetensi Keahlian Akuntansi SMKN 12 Malang

Outing Class Batch II: Agenda Tahunan Kompetensi Keahlian Akuntansi SMKN 12 Malang

Rabu, 24 April 2019, Jurusan Akuntansi SMKN 12 Malang kembali mengadakan kegiatan pembelajaran di luar kelas atau yang sering disebut outing class. Berbeda dengan outing class sebelumnya yang dilaksanakan di Balaikota Among Tani Kota Batu, outing class kali ini bertempat di salah satu Industri Manufaktur yaitu PT Indiratex Spindo yang beralamat di Jalan Randuagung Km 75 Singosari Malang.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas XI Akuntansi 4 sejumlah 35 siswa dengan didampingi oleh Ibu Ulya Brilian selaku Kepala Program Akuntansi.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu cara dalam menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan mengenai perusahaan manufaktur. Adapun tujuan lain yaitu menjalin tali silahturahmi antara pihak SMKN 12 Malang dengan PT Indiratex Spindo selaku rekanan Du/Di.

Outing class dimulai pukul 08.00 WIB, para peserta didik kelas XI Akuntansi 4 berkumpul di Aula PT Indiratex Spindo, acara dilanjutkan dengan pembukaan sekaligus sambutan dari Perwakilan PT Indiratex Spindo yaitu Bapak Sutan, dan berikutnya adalah sambutan dari Perwakilan SMKN 12 Malang yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Ulya Brilian.

Sekitar pukul 09.00 WIB para siswa diajak untuk berkeliling ke lingkungan industri. Namun sebelum itu tim XI AK-4 dibagi menjadi 3 kelompok. Secara bergiliran, tiap kelompok berkeliling sekitar perusahaan ini guna menunjukkan bagaimana proses produksi awal berupa gulungan kapas hingga menjadi barang siap didistribusikan atau dijual berupa gulungan benang yang lembut.

Selama berkeliling para siswa merasa terkesan begitu melihat alat-alat pabrik yang besar dan suasana yang khas dengan suasana industri yang sebenarnya.

Setelah berkeliling, acara dilanjutkan dengan pemaparan profil perusahaan oleh Ibu Ninik Lestari selaku manajer QMS dan MIS yang disambung dengan materi yang diisi motivasi belajar dan bekerja oleh Ibu Lusi Hernawati selaku manajer accounting dan finansial. Beliau selaku pemateri juga menyampaikan materi motivasi dan semangat kerja secara ringkas, padat, dan jelas sehingga sangat memudahkan para siswa selaku audiens untuk menyerapnya. Setelah mengisi materi motivasi kerja, Ibu Ninik Lestari membuka sesi tanya jawab dan sharing. Para siswa XI AK-4 menyambutnya dengan pertanyaan yang silih berganti diajukan.

Sekitar pukul 12.00 WIB acara pun selesai. Sebelum acara berakhir Ibu Ulya Brilian memberikan cenderamata dari SMKN 12 Malang kepada PT Indiratex Spindo. Acara pun ditutup dengan doa sekaligus foto bersama di depan gedung Office PT Indiratex Spindo.

Salah satu siswa, Piya Diana menuturkan bahwa outing class ini memberikan kesan yang menyenangkan dan menambah pengetahuan mengenai dunia kerja di Industri yang sebenarnya.

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai agenda rutin tahunan Program Keahlian Akuntansi SMKN 12 Malang.

Bravo Akuntansi SMKN 12 Malang!💪

By: Febrian Ananta/XI Akuntansi 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top