Outing Class X AK ke Kantor OJK Malang sebagai Bentuk Belajar Konkret untuk Mapel Dasar Perbankan

Outing Class X AK ke Kantor OJK Malang sebagai Bentuk Belajar Konkret untuk Mapel Dasar Perbankan

Salah satu agenda akhir semester gasal untuk kelas X Jurusan Akuntansi adalah outing class. Menyesuaikan dengan mata pelajaran di produktif X AKL yang salah satunya adalah Dasar Perbankan, maka dipilihlah OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Malang sebagai tempat outing class.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 12 Desember 2019, mulai pukul 13.00 – 15.00 WIB yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X AK sejumlah 104 orang. Mereka didampingi oleh guru produktif AK yaitu Ibu Wahyuni, Ibu Lilik Sari, dan Ibu Ulya Brilian.

Selaras dengan program outing class, OJK juga memiliki Program OJK Mengajar. Sudah banyak tamu dari berbagai SMK dan universitas di Jawa Timur yang berkunjung ke OJK.

Materi langsung diberikan oleh Kasubag Edukasi yaitu Bu Frety. Beliau memaparkan gambaran tentang apa itu OJK serta fungsi OJK sebagai lembaga pengawas perbankan di Indonesia. Para siswa juga diberi paparan mengenai jenis-jenis bank di Indonesia, bagaimana cara membuka rekening/menjadi nasabah, juga mengenai ciri ciri investasi bodong agar nantinya siswa tidak ikut-ikutan dan menjadi korban sebuah investasi bodong.

Pemaparan berlanjut mengenai bagaimana bentuk perlindungan yang diberikan oleh OJK jika ada bank atau lembaga keuangan yang merugikan masyarakat dan tidak sesuai dengan jalurnya. Dari pemaparan tersebut, beberapa siswa mengajukan pertanyaan yang kritis dan langsung dijawab oleh pihak OJK.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan cendera mata dari SMKN 12 Malang dan berfoto bersama.

Melalui kegiatan outing class ini, diharapkan siswa kelas X memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi tuntutan kompetensi di saat mereka menginjak kelas XI.

By: UlyaBrilian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *