Pelatihan Adiwiyata di Eco Green Park

Pelatihan Adiwiyata di Eco Green Park

Eco Green Park, merupakan bagian dari Jawa Timur Park 2, yang menjadi obyek wisata baru di Kota Wisata Batu Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km atau 45 menit dari Kota Malang.

Obyek wisata ini baru dibuka sejak 1 Juli 2012. Lokasi Eco Green Park tepat di sebelah Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2 atau tepatnya di Jalan Oro-Oro Ombo 9A, Kota Batu, Malang.

Dengan luas sekitar 5 hektar, wahana ini dibangun untuk mengukuhkan Jatim Park 2 sebagai salah satu tujuan wisata nasional setelah Bali.

Taman wisata yang bermotto Fun and Study ini memiliki sekitar 35 wahana edukasi dan memamerkan ekosistem dan koleksi reptil dan burung yang lengkap dan bertaraf internasional. Konsepnya memadukan wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni yang inspiratif, menarik, serta mendidik. Cocok sebagai wisata edukasi untuk anak-anak. Anak-anak bisa belajar tentang ekosistem dan mendapatkan banyak pengetahuan lewat berbagai permainan yang sangat menyenangkan.

Itulah sebabnya, jika tempat ini cocok untuk dijadikan tujuan outdoor learning. Seperti halnya beberapa waktu lalu, tepatnya Jumat, 29 Maret 2019, SMKN 12 Malang melakukan pelatihan di Eco Green Park. Pelatihan ini berkaitan dengan kegiatan adiwiyata, yang beorientasi pada kelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa siswa yang merupakan perwakilan OSIS, Ekstrakurikuler Jurnalistik, Ekstrakurikuker VG, serta beberapa pokja yang ada di SMKN 12 Malang.

Peserta banyak diberi penjelasan tentang lingkungan, budidaya tanaman denganetode Aquaponic, membuat alterbatif bahan bakar dengan memanfaatkan kotoran hewan ataupun manusia, serta pengolahan sampah.

Berikut ini beberapa wahana di Eco Green Park:

ZONA MINIATUR CANDI-CANDI TERKENAL DI SELURUH JAWA

Zona ini merupakan rute awal penjelajahan dengan latar belakang miniatur candi-candi terkenal di Jawa. Di antara replika candi dan kolam, terdapat pesawahan berundak-undak yang ditanami tumbuhan. Memasuki pintu utama, pengunjung disuguhi instalasi daur ulang barang bekas berbentuk patung gajah dari televisi monitor, scanner, printer, dan telepon. Ada juga patung sapi dari limbah mobil dan bola bekas.

ZONA INSECTARIUM

Di sini terdapat berbagai jenis serangga hidup atau yang sudah diawetkan. Uniknya, serangga-serangga tersebut disusun sedemikian rupa dalam sebuah pigura kaca atau akuarium. Terdapat pula lukisan kumbang raksasa yang disusun dari kumbang-kumbang kecil yang diawetkan.

ZONA WALKING BIRD

Di area ini banyak dijumpai burung-burung semacam burung unta, kasuari, bangau, merak, cangak, nandu, dll. Burung-burung tersebut didatangkan dari berbagai kawasan di belahan dunia.

ZONA ANIMAL FARM

Berisi hewan-hewan peternakan seperti sapi, kambing, ayam, dan kerabatnya. Terdapat juga stand yang menjelaskan cara membuat campuran pakan ternak serta budi dayanya.

ZONA HYDROPONIC

Berisi tanaman-tanaman yang dikembangkan secara hidroponik, seperti stroberi, jamur, paprika, dan tomat. Yang menarik adalah adanya Rumah Jamur yang berisi berbagai jenis jamur dan cara pengembangbiakannya hingga pengolahan menjadi bahan pangan.

Dari keseluruhan rangkaian acara, peserta banyak belajar sekaligus bersenang-senang. Mereka juga dibebaskan untuk melontarkan pertanyaan-pertanyaan jika memang penjelasan yang disampaikan pemateri kurang dimengerti.

Terus semangat Generasi Smechatwolasma! Terus membumikan lestari dan melestarikan bumi!

By: AidaN-Timjurnalistiksmechatwolasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top