Penandatangan MOU dan Peresmian Kelas Industri Perpajakan bekerjasama dengan PT. Cipta Sarana Cendekia

Akuntansi dan keuangan Lembaga merupakan salah satu kompetensi keahlian di SMK Negeri 12 Malang yang sudah memiliki kelas industri. Industri yang bekerja sama dalam penguatan kompetensi Akuntansi adalah PT. CIPTA SARANA CENDEKIA (PT. CSC).

Semakin berkembangnya dunia bisnis menuntut ketersediaan tenaga kerja yang terampil dan kompeten dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Hal tersebut memiliki dampak secara langsung terhadap sistem pendidikan yang berjalan, terutama pada tingkat pendidikan kejuruan seperti program vokasi maupun pendidikan SMK.

Menyikapi hal tersebut, perlu adanya penguatan kompetensi siswa SMK utamanya dibidang Akuntansi dan Perpajakan.  Hal inilah yang melatarbelakangi adanya Kerjasama antara SMK Negeri 12 Malang dengan PT CIPTA SARANA CENDEKIA  dalam pembentukan Kelas Industri Perpajakan yang saat ini sudah mencapai Angkatan ke-4.

PT CSC menyediakan jasa pendidikan eksternal yang langsung terkait dengan Dunia Usaha dan Industri bagi siswa-siswi SMK dan mahasiswa di Universitas Seluruh Indonesia. PT. Cipta Sarana Cendekia berperan aktif dalam pengembangan SMK dengan bekerjasama dalam berbagai bidang seperti Prakerin Terpadu, Prakerin Reguler, Uji Kompetensi Keahlian, seminar dan pelatihan baik siswa maupun guru/tenaga pendidik, Guru/kuliah tamu, Kunjungan industri dan juga menerbitkan Buku Praktikum Akuntansi dan Perpajakan Terintegrasi yang selalu up to date dengan perkembangan peraturan terbaru serta bekerjasama dengan DU/DI secara langsung.

Pada Hari Senin, 16 November 2020 telah terjadi penandatangan MOU (Memorandum of Understanding) antara Pihak SMK Negeri 12 Malang dan PT. CSC sekaligus pembukaan kelas Industri. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur PT. CSC, Bapak Alfianto Cahyono, SE. Dari pihak SMKN 12 Malang, menghadirkan Kepala Sekolah, Seluruh Wakil Kepala Sekolah dan Seluruh guru produktif Akuntansi. Seluruh siswa Kelas XI AKL 1 yang merupakan siswa kelas industri juga dihadirkan beserta orang tua untuk mendapat pengarahan langsung dari PT CSC.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala SMKN 12 Malang, Ibu Dra. Lilik Sulistyowati, M.Si. Beliau menyampaikan harapan besar kepada siswa kelas industri untuk bisa unggul dalam prestasi, memiliki sikap/attitude yang baik, dan memiliki daya juang yang tinggi. Siswa kelas industri juga diharapkan tidak hanya sekedar “branding” saja, tetapi benar –  benar mampu menjadi contoh bagi siswa yang lain dan memiliki inisiatif untuk melakukan berbagai hal positif dan mampu membanggakan almamater SMKN 12 Malang.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan teknis dari Bapak Alfi terkait dengan Sistem dan Prosedur kelas indusri yang akan berjalan. Beliau juga memaparkan program serta fasilitas apa saja yang diperoleh siswa kelas industri, salah satunya adalah Uji Brevet A dan Brevet B yang pada umumnya baru bisa diikuti oleh mahasiswa semester 4 ke atas dan masyarakat umum.

Tanya jawab antara orang tua dan PT CSC berlangsung santai namun serius dan satu demi satu pertanyaan dijawab dan dijabarkan oleh Bapak Alfi. Kegiatan ini ditutup sekitar Pukul 10.30 WIB dengan penekanan bahwa siswa XI AKL 1 yang merupakan kelas Industri berada di “tangan” yang tepat untuk penguatan kompetensi bidang Akuntansi dan Perpajakan sebagai bekal saat mereka menyelesaikan pendidikannya di SMKN 12 Malang.

By  : Ulya Brilian/Kaprogli AKL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *