PERKOTARU-PERJUSA: Perkemahan Penerimaan Anggota Baru Pramuka SMKN 12 Malang

PERKOTARU-PERJUSA: Perkemahan Penerimaan Anggota Baru Pramuka SMKN 12 Malang

Dalam rangka penerimaan anggota baru Praja Muda Karana (Pramuka) SMKN 12 Malang mengadakan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) yang dilaksanakan pada tanggal 7-8 Desember 2018. Kegiatan Perjusa ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X SMKN 12 Malang. Kegiatan ini juga disebut sebagai Perkotaru yaitu Penerimaan Anggota Baru.

Perkotaru ini dimulai dengan apel pembukaan yang petugasnya dari eskul ambalan dengan pembina Kak Norma dari Andalan Cabang Kota Malang. Apel pembukaan ini berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun.

Setelah apel pembukaan selesai, dilanjutkan pemberian materi kepada peserta oleh Kak Norma.

Untuk materi kedua yaitu pionering dan semaphore, peserta putra dan putri dipisah. Peserta putri diberikan materi semaphore sedangkan putra pionering. Mereka berlomba dengan sportif. Tim putra berusaha dengan penuh perjuangan untuk membuat bangunan dari tali dan tongkat, sementara tim putri bersemangat untuk menghapal gerakan semaphore.

Kegiatan ini diikuti seluruh peserta dengan penuh antusias. Semua baru berakhir ketika waktu sholat ashar tiba. Para peserta diberi waktu 30 menit untuk ishoma.

Kegiatan Perkotaru ini cukup menyenangkan karena para peserta lebih sering bermain sambil belajar yang tentunya banyak manfaatnya. Mereka juga diajak berpikir cepat, dan berkonsentrasi.

Kegiatan ini juga mewadahi bakat siswa dalam acara pentas seni yang dilanjutkan dengan acara renungan malam. Renungan malam ini cukup membuat para peserta Perkotaru terhanyut dalam suasana yang mengaharukan bahkan ada yang sampai pingsan.

Keesokan harinya kegiatan ini dilanjutkan pada pukul 03.00 WIB, sholat shubuh berjamaah, dan membersihkan diri. Setelah itu para peserta diperkenankan untuk memakai baju olah raga SMKN 12 Malang. Para peserta diajak berolah raga dengan senam semaphore dan bermain-main hingga pukul 08.20 WIB. Selanjutnya sarapan pagi.

Setelah sarapan pagi para peserta dibagi tugas untuk membersihkan wilayah sekolah mulai dari ruangan yang ditempati hingga halaman. Hal ini dilakukan untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih.

Kegiatan ini selesai pada pukul 13.00 WIB dan di tutup dengan kegiatan apel penutupan.

Kegiatan Perkotaru ini memberikan banyak manfaat bagi peserta. Pramuka memang mengajarkan banyak hal mulai dari konsentrasi, pengetahuan, keterampilan, berorganisasi, sampai kreativitas siswa.

Maju terus ambalanku, Ambalan Aswatama-Sita! Kami bangga menjadi bagian darimu!!

Salam Pramuka!!

By: AidaFalen-Timjurnalistiksmechatwolasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *