Road Show SMA Selamat Pagi Indonesia ke SMKN 12 Malang

Road Show SMA Selamat Pagi Indonesia ke SMKN 12 Malang

Selasa, 19 Maret 2019 SMKN 12 Malang kedatangan tamu dari SMA Selamat Pagi Indonesia. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang SMA Selamat Pagi Indonesia sekaligus sharing-sharing ilmu atau lebih tepatnya berbagi semangat untuk mewujudkan impian.

Acara ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI SMKN 12 Malang yang dilaksanakan di lapangan indoor. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna, serta pembahasan tentang rencana HUT SMKN 12 Malang.

Setelah serangkaian acara pembukaan selesai, perwakilan dari SMA Selamat Pagi Indonesia yang terdiri dari beberapa siswa dan juga alumni membuka acara kunjungan ini dengan memberi semangat kepada semua peserta. Setelah itu mereka mulai memperkenalkan sekolah asal mereka yang notabenenya merupakan sekolah yang dikhususkan untuk siswa yatim, piatu, yatim piatu, ataupun siswa yang berlatar belakang dari keluarga yang kurang mampu dari seluruh daerah di Indonesia.

Salah satu keunikan dari SMA tersebut selain menerima teori atau belajar akademik, mereka juga diberi peluang untuk mengembangkan lifeskill yang diwadahi ke dalam beberapa divisi yang telah dibentuk, mulai dari kampoeng kidz, restaurant, food production, multimedia, animal a farm, eagle tour and travel, hotel, dan masih banyak lagi.

Setiap tahunnya SMA ini juga mengadakan pertunjukan yang semua pemerannya adalah siswa SMA Selamat Pagi Indonesia sendiri.

Contoh show yang pernah diadakan adalah Pesona Sang Garuda dan Blaze of Glory. Agenda lain yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya adalah berbagi dengan menyisihkan uang saku untuk berbagi dengan warga sekitar.

Peserta didik juga diberi kesempatan untuk experiental learning, seperti ke Singapore, Hongkong, Thailand, Perancis, Swiss, Belgia, Italia, Belanda, dan Netherland.

Setelah itu, acara dipandu oleh Kak Ridwan, yaitu alumni SMA Selamat Pagi Indonesia yang kini menjadi Public Speaking. Di awal, Kak Ridwan berbicara mengenai remaja milenial yang marak dicap sebagai anak muda yang identik dengan hal-hal yang cenderung negatif, padahal tidak semua remaja seperti itu, karena remaja adalah harapan bangsa yang menjadi penerus Indonesia yang masih punya impian-impian besar. Kak Ridwan juga banyak sharing tentang impian atau tujuan hidup, “Milikilah sebuah tujuan dalam hidup, mulailah segalanya dari sekarang, dari muda, dari hal-hal yang kecil. Karena kalau kita punya tujuan, punya impian maka kita tahu tujuan arah hidup kita seperti apa”, begitu tuturnya. “Kita akan punya energi tambahan, sebagai contoh, ketika kita berusaha untuk meraih sesuatu, kita akan memperjuangkannya sungguh-sungguh, selain itu kita bisa lebih peka terhadap peluang di sekitar kita”, lanjutnya.

Di akhir acara, Kak Ridwan juga banyak memberi motivasi kepada semua peserta. Beliau mengajarkan bagaimana mewujudkan impian menjadi kenyataan, yaitu dengan cara membuat ” Dream Book” yang berisi semua impian-impian yang kita inginkan, disertai dengan gambar dan target kita dalam mewujudkannya. Kak Ridwan juga memberi kata-kata motivasi atau kerap disebut quotes yang dipetik dari kata-kata Soekarno, “Gantungkanlah impianmu setinggi langit, karena kalau kamu terjatuh kamu akan jatuh di antara bintang-bintang yang indah di langit sana.”

Setelah itu, berakhirlah acara tersebut. Selama acara berlangsung, semua peserta terlihat antusias dan bergairah dalam mengikuti setiap rangkaian acara. Semoga dengan diadakannya acara semacam ini, akan lebih menambah semangat siswa SMKN 12 Malang dalam belajar dan mewujudkan impian.

Milikilah impian yang besar dan jalanilah prosesnya. Jangan hanya mempercayai, tapi wujudkanlah impian tersebut!

“Dream, Believe, and Action”

By: Sely-Timjurnalistiksmechatwolasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top