SMKN 12 MALANG MENJADI JAWARA ESSAY COMPETITION 2018.

SMKN 12 MALANG MENJADI JAWARA ESSAY COMPETITION 2018.

Tim SMK Negeri 12 Malang meraih Juara 1 ESSAY COMPETITION 2018 antar-SMA/SMK se-Malang Raya. Perlombaan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 3 November 2018 pukul 08.00-13.00 WIB di Gedung Asy’ari Lantai 1 F18 Universitas Islam Malang.

Saat diadakan seleksi antar-SMA/SMK se-Malang Raya SMKN 12 Malang mengirimkan satu tim terbaiknya yang terdiri dari Febrian Ananta dari kelas XI AK 4 selaku ketua tim, Noerlaily Sa’adah dari kelas XI AK 4 selaku anggota 1, dan Erina Wahyuningtyas juga dari kelas XI AK 4 selaku anggota 2. Mereka berhasil lolos dalam seleksi tahap pertama, dan harus bertanding ke babak final dengan 3 tim lainnya yaitu SMKN 9 Malang (1 tim), MAN 2 Kota Batu (2 tim).

Esai yang mereka buat merupakan hasil penelitian yang selanjutnya ditulis dalam bentuk karya ilmiah dengan judul “Penerapan iWira-Lit untuk Mengatasi Pengaruh Media Sosial bagi Generasi Muda”.

Penelitian ini berbasis media sosial. Hal ini sesuai dengan tema yang diberikan oleh panitia yaitu “Dampak Perkembangan Teknologi Modern bagi Generasi Zaman Now”.

Berbicara tentang judul Esai, iWira-Lit adalah singkatan dari Ibadah Wirausaha dan Literasi. Mereka mengambil kebiasaan yang biasa dilakukan di SMKN 12 Malang.

Ide penelitian ini berasal dari keberadaan Media Sosial yang semakin menjamur di kalangan pelajar masa kini, prosesnya dimulai dari:
1. Mengamati keberadaan media sosial di kalangan siswa SMKN 12 Malang.
2. Menentukan judul esai.
3. Membaca buku referensi terkait.
4. Menyusun isi esai.
5. Mengoreksi bersama.
6. Mengumpulkan karya esai pada tanggal 12 Oktober 2018.

Pengumuman dilaksanakan tanggal 21 Oktober 2018. Kabar gembira ternyata SMKN 12 Malang lolos ke babak berikutnya. Tanggal 3 November 2018 babak final. Empat tim bersaing dalam presentasi yang akan menentukan siapa yang layak menjadi jawara.

Persiapan kurang lebih 1 minggu. Hal ini dimanfaatkan untuk membuat power point dan berlatih presentasi. Ini merupakan tantangan tugas bagi mereka bertiga. Sekaligus hal yang paling mendebarkan, ujar Febrian.

Presentasi sudah disajikan. Selanjutnya pengumuman pemenang. Alhamdulillah Tim SMKN 12 Malang meraih Juara 1. Hadiah yang diperoleh yaitu uang tunai Rp 500.000,00, sertifikat, dan piala.

Adapun manfaat yang mereka rasakan, yaitu menambah wawasan dan keterampilan terkait penulisan esai, belajar bagaimana membuat penelitian sederhana hingga hasil akhirnya, belajar bagaimana kerja dalam tim/kekompakan, belajar bagaimana menyampaikan atau memaparkan esai yang telah dibuat kepada orang lain/presentasi.

Begitu juga dengan kesan yang mereka rasakan sangat menyenangkan, menantang, dan mendapatkan ilmu baru kebahasaan.

Pesan dari mereka bertiga adalah semoga prestasi yang telah diraih dapat dipertahankan dan ditingkatkan serta memberi pengaruh positif bagi SMKN 12 Malang.

Berbicara tentang persiapan dalam Lomba Essay Competition 2018 yang membuahkan hasil yang luar biasa tersebut, ternyata mereka mempersiapkan itu semua dengan matang selama 3 bulan dari bulan Agustus sampai November. Mereka dilatih langsung oleh Ibu Kartika Ajeng Anggraeni, M. Pd. Beliau juga yang mendampingi mereka ke Universitas Islam Malang (UNISMA).

Harapan dari Febrian Ananta kepada pembaca agar menjadi sadar bahwa media sosial merupakan dampak dari perkembangan teknologi dan membawa pengaruh bagi kehidupan baik pengaruh positif maupun negatif. Untuk itu, kita perlu tahu bagaimana cara menggunakan media sosial dengan bijak dan melakukan berbagai langkah pencegahan dampak negatif media sosial dengan metode ” iWira-Lit” .

Selamat untuk Tim Essay SMKN 12 Malang, atas prestasi yang membanggakan ini! Kami bangga pada kalian! Ayo kita gali prestasi, bakat, dan potensi siswa SMKN 12 Malang! SMK HEBAT! SMK BISA! SMK BISA HEBAT! BRAVOOO!!!

By : MilaFalenIinTimJurnalistikSmechatwolasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *