SMKN 12 MALANG MENYABET JUARA HARAPAN 1 TINGKAT NASIONAL DALAM LOMBA FILM PENDEK ANAK DAN REMAJA

SMKN 12 MALANG MENYABET JUARA HARAPAN 1 TINGKAT NASIONAL DALAM LOMBA FILM PENDEK ANAK DAN REMAJA

Torehan prestasi Siswa SMKN 12 Malang terus mengalir. Kali ini tak tanggung-tanggung, Ekskul VG berkiprah di ajang lomba tingkat nasional dan berhasil meraih juara harapan 1.

Gadis manis bernama lengkap Koreina Kana Prasdifa, yang lahir di Malang pada tanggal 16 Februari 2002 ini adalah sang sutradara Film 3S (Salam, Sapa, Senyum). Walau baru duduk di kelas XI jurusan multimedia, ternyata ia mampu menorehkan prestasi yang patut diberi acungan jempol.

Melalui film tersebut Koreina ingin mengangkat budaya 3S yaitu salam, sapa, dan senyum yang akhir-akhir ini sudah banyak tergerus zaman. Terutama di kalangan generasi muda, khususnya remaja, budaya 3S ini terkalahkan oleh gadget. Remaja sekarang cenderung individual, kurang peduli lingkungan sosial, sehingga orang-orang yang berada di sekitarnya tak disadari keberadaannya. Mereka terlalu sibuk dengan benda mungil yang bisa menembus jarak tersebut. Tak ada lagi saling sapa, senyuman tulus, atau lantunan salam ketika berjumpa atau berpisah dengan orang-orang dekat.

Berawal dari hal tersebut, sang sutradara menuangkan ide kreatifnya melalui film pendek yang sekaligus dijadikan bahan dalam ajang lomba.

Untuk mendukung terwujudnya ide kreatif tersebut, dibentuklah kru yang terdiri dari Rega, Lana, Ariyo, Wildan, dan Hana. Mereka para awak ekskul VG yang tidak semuanya berasal dari jurusan multimedia.

Berbicara tentang para pemain atau dalam istilah VG, talent, ternyata tidak hanya melibatkan para siswa, tetapi ada juga dari guru dan putri dari seorang guru. Hal ini membuktikan bahwa ekskul VG bukanlah ekskul ekslusif, mereka begitu familier, terbuka, dan bisa menyatu dengan lingkungan khususnya di SMKN 12 Malang.

Adapun talent-talent yang telah berjasa dalam pembuatan film yaitu Pak Aris seorang guru IT dipercaya berperan sebagai ayah, Ibu Fransisca Dara, guru mapel BIN sebagai ibu, Silmy anak kelas 5, putri Bu Enok Ratnayu sebagai adik, sementara kakaknya dipercayakan kepada Vita dari kelas XI MM3. Adapun teman Vita yang ikut berpartisipasi yaitu Ineke dan Fitria dari kelas XI MM2. Selanjutnya ada Riyo dari XI TKJ2 sebagai tetangga, dan Pak Akbar sebagai Pak Kebun di SMKN 12 Malang.

Pembuatan film pendek yang berjudul 3S ini membutuhkan waktu selama 2 hari saja, tetapi proses editing hampir satu minggu.

Dalam pembuatan film pendek ini Koreina, sang sutradara tidak merasa terbebani, dia malah merasa enjoy karena teman-teman dan para guru mendukungnya.

Pengalaman yang sangat berharga ini sempat membuat Koreina pusing, karena dia adalah sutradara dan harus mengurus semuanya. Namun semuanya terbayar sudah. Endingnya film ini mampu menembus juara nasional, walau baru juara harapan 1; tapi tingkat NA-SI-O-NAL!

Dalam pembuatan film tersebut Koreina dibimbing oleh Ibu Rosyidatus Sa’adah guru pembimbing ekskul VG, yang juga pengajar produktif multimedia dan Bapak A. Imron Fanani, guru BK yang memberi ide cerita sekaligus menggawangi skenario.

Lomba film ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sementara penganugerahan juara digelar di Hotel Peninsula, Slipi, Jakarta Barat pada tanggal 25 Oktober 2018.

Ketika ditanya harapan ke depannya, Koreina mengatakan bahwa dia ingin lebih mendalami perfilman untuk menghibur, memberi wawasan, serta pembelajaran bagi orang lain melalui karya film.

Adapun hadiah yang diperoleh Koreina dan tim yaitu uang sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah), piagam untuk rumah produksi yaitu Ekskul Videografi, sertifikat untuk para kru, buku-buku pendidikan, tas, dan goodie bag.

Selamat untuk Koreina dan kru, talent, dan guru pembimbing. Kami bangga pada kalian! Ayo gali terus potensi para Siswa SMK Negeri 12 Malang dengan Prestasi!

By: Catur,Alfi,danRiskaTimJurnalistikSmechatwolsma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top