Uji Sertifikasi Kompetensi Jurusan RPL SMKN 12 Malang, sekaligus Perekrutan Tenaga Kerja

Uji Sertifikasi Kompetensi Jurusan RPL SMKN 12 Malang, sekaligus Perekrutan Tenaga Kerja

Senin, 15 April 2019 Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 12 Malang kedatangan tamu yang spesial. Mengapa dikatakan tamu spesial? Karena para tamu ini selain akan menguji kompetensi para siswa, juga akan memberikan kesempatan lowongan pekerjaan.

Apa itu sertifikasi? Sertifikasi adalah pemberian sertifikat kompetensi dari industri untuk pelajar yang mengikutinya dan memenuhi syarat yang telah ditentukan. Setiap jurusan akan mendapatkan sertifikat yang diikutinya.

Kerjasama dengan industri? Tentu pihak sekolah sudah bekerja sama diwakili oleh Kaprog RPL sendiri Ibu Diyan Wahyu Astuti S.Kom. dengan industri. Kegiatan ini juga sekaligus merekrut para siswa yang menjadi pesertanya untuk bergabung dengan perusahaan.

Ada 2 perusahaan yang telah bergabung yaitu PT Jasahub (perusahaan jasa yang terkenal di daerah Malang) dan Toyota Kartika Sari (Deler Mobil Toyota terbesar di Malang Raya).

Dalam kesempatan ini kurang lebih 60 siswa dari Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak mengikuti uji sertifikasi, yang bertempatnya di Laboratorium RPL. Ada dua tahap uji yaitu tahap pertama mengerjakan tugas individu yang akan dicek langsung oleh perusahaan, yang kedua dengan praktik. Para siswa akan diberi bahan untuk membuat iklan di sosial media mereka. Fungsi ujian ini adalah agar perusahaan dapat mencari siswa sesuai kebutuhan, yaitu karyawan yang bisa menggunakan sosial media. Jadi dengan mencoba mengiklankan barang bisakah para siswa mengoperasikan layanan tersebut.

Para siswa mengikuti uji sertifikasi dengan sangat antusias. Hal ini dapat dilihat dari waktu penilaian semua siswa dapat menyelesaikan tugasnya. Kedua perwakilan perusahaan juga sangat puas dengan yang dilakukan para siswai Jurusan RPL ini.

Perwakilan dari PT Jasahub, Kriska Febri sebagai staf marketing langsung melihat pengerjaan iklan dan memberikan nilainya; sedangkan dari Toyota Kartika Sari ada 5 orang yang melihat secara langsung dari penggunaan iklan online ini. Termasuk Bapak Deni, manajer marketing juga ikut serta melihat prosesnya dan memberikan pertanyaan kepada peserta.

Ahamdulillah ada 30 siswa yang diundang langsung ke Toyota Kartika Sari di Jalan Puncak Borobudur dan Jasahub. Ini semua berkat kerjasama semua pihak, tak terkecuali Staf Humas SMKN 12 Malang, Ibu Lilik Sari Permata, S.P..

Selain itu pada hari Selasa dan Kamis, 16 dan 18 April 2019, Siswa Kelas XII Jurusan RPL juga mengikuti ujian Sertifikasi Oracle yang berlevel internasional. Ada 2 mata uji oracle yaitu:
1. Java Fundamental, dan
2. Java Foundation.

Semoga kerjasama seperti ini bisa terus terjalin dengan baik.

Selamat dan sukses untuk Jurusan RPL!

By: Diannur-pesertaujisertifikasiRPL-SMKN12Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top