Destira Sannu Pratama

Biografi Ketua OSIS 2022/2023

Destira Sannu Pratama yang biasa akrab disapa dengan Tama adalah seorang Ketua Osis (Organisasi Siswa Intra Sekolah) di SMK Negeri 12 Malang pada periode 2022 – 2023. Ketua OSIS berparas cantik yang telah menginjak umur 17 tahun ini lahir di Malang, 1 Desember 2005. Ia tinggal bersama orang tuanya dan merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Ia juga memiliki beberapa kegemaran diantaranya yaitu membaca buku, mendengarkan musik, dan juga bermain bulu tangkis.

: Dok. Tama

Wanita berkulit kuning langsat ini merupakan ketua osis yang aktif dan sangat ramah, ia juga pernah mengikuti ekstrakurikuler paskibra saat berada di kelas 10. Sebelum menjabat sebagai Ketua Osis, Tama juga sempat menjadi pengurus Osis di periode sebelumnya yaitu sebagai sekretaris 2, di era kepemimpinan Tya Safitri 2021-2022. Tidak hanya itu, sewaktu berada di SMP (Sekolah Menengah Pertama) ia juga pernah mengikuti organisasi MPK (Majelis Perwakilan Kelas) tepatnya di SMPN 1 Singosari. Sehingga dari pengalaman organisasi yang sebelumnya, Tama sudah memiliki jiwa kepemimpinan yang telah ditanamkan sejak berada di SMP, serta sudah memiliki pengalaman lebih yang bisa ia jadikan sebagai pedoman dan pandangan untuk kedepannya sebelum mencalonkan sebagai ketua osis. “Hal yang perlu disiapkan ketika menjabat menjadi ketua Osis yaitu yang pertama karena niat, kemudian sudah memiliki pengalaman dari organisasi-organisasi sebelumya, serta pengetahuan tentang Organisasi tersebut.” ungkapnya.

: Dok. Tama

Support dan bimbingan dari orang terdekat juga merupakan salah satu faktor Tama menjadi lebih percaya diri dan berani untuk maju mencalonkan diri sebagai ketua osis. Lingkungan pertemanan yang sehat juga mendukung Tama untuk berada diposisi saat ini. Sampai jabatan sebagai Ketua Osisnya hampir selesai, ia juga berhasil menyeseleaikan program yang telah direalisasikan dari proker (program kerja) awal hingga sekarang menuju proker akhir di masa jabatan. Hal ini juga didukung dengan anggota organisasi osis yang selalu membantu dalam penyelenggaraan acara di sekolah. “Program atau acara ini juga diselenggarakan dengan menanyakan atau meminta pendapat kepada anggota osis lainnya terlebih dahulu, kemudian juga meminta pendapat beberapa anak dari luar organisasi osis.” Ujar Tama

Ia juga mengatakan bahwa mengikuti organisasi seperti OSIS akan mendapatkan banyak pengalaman baru. Tidak hanya pengalaman saja, tetapi dapat menambah wawasan seperti menjadi lebih mahir dalam bersosialisasi dengan orang lain. Dengan selalu aktif di organisasi juga dapat melatih diri dengan public speaking yang nantinya akan membentuk kepercayaan diri didepan umum. Secara tidak langsung, public speaking sangat penting didunia kerja serta dapat membantu untuk terlihat lebih menonjol dengan membangun relasi profesional, sehingga membuat semakin besar peluang dan potensi untuk diterima. Selain untuk melatih public speaking, dalam mengikuti suatu organisasi akan diajarkan untuk mampu mengekspresikan dan mengembangkan potensi diri yang mungkin masih terpendam. Mengikuti organisasi juga dapat membiasakan untuk belajar memanajemen waktu, lebih percaya diri untuk menjadi seorang pemimpin dan juga dapat lebih bertanggung jawab.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *