Guru Tamu dari PT Indiratex Spindo Mengunjungi Siswa XI AKL SMKN 12 Malang

Guru Tamu dari PT Indiratex Spindo Mengunjungi Siswa XI AKL SMKN 12 Malang

Salah satu agenda akhir semester gasal di Program Keahlian Akuntansi SMKN 12 Malang adalah mengundang Guru Tamu dari DU/DI. Materi yang dipilih kali ini adalah tentang Sikap Kerja dan Budaya Industri.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Desember 2019 di Ruang DAK, dari pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Yang hadir sebagai Guru Tamu adalah Kepala HRD PT Indiratex yaitu Ibu Ninik. Beliau sudah cukup lama bekerja di Indiratex.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI AK sejumlah 101 siswa. Mereka didampingi oleh guru produktif AK, wali kelas XI AK, dan Perwakilan BKK. Seluruh siswa mengikuti kegiatan dengan tertib dan penuh semangat.

Guru Tamu dihadirkan agar siswa memiliki gambaran secara langsung bagaimana bekerja di dunia industri.
Mengawali pemaparan materi, Bu Ninik menjelaskan tentang kecakapan yang harus dimiliki di abad ke-21 yaitu (1) Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill; (2) Kecakapan Berkomunikasi (Communication Skills); (3) Kecakapan Kreativitas dan Inovasi (Creativity and Innovation); dan (4) Kecakapan Kolaborasi (Collaboration).

Narasumber juga menyampaikan bahwa sikap/attitude yang baik lebih diutamakan daripada kemampuan. DU/DI tidak mencari siswa yang pintar, melainkan yang mau belajar, disiplin, bisa bekerja sama, dan bisa berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan baik.

Beliau juga memaparkan budaya di Industri, yaitu tentang jam masuk, jam istirahat, dan jam pulang; prosedur finger print; serta bagaimana seorang akuntan itu harus berkerja. Ketelitian sangat diperlukan bagi seorang akuntan.

Saat sesi tanya jawab, langsung dipandu oleh Perwakilan BKK yaitu Ibu Nur Ita Jannah. Para siswa tampak antusias bertanya terkait materi yang diberikan.

Kegiatan guru tamu ini diharapkan mampu memberi motivasi dan inspirasi agar para siswa semakin semangat membentuk sikap positif dan memahami budaya industri.

By: UlyaBrilian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *