Kegiatan Outing Class XI AKL SMKN 12 Malang ke Kantor BPKAD Pemerintah Kota Malang

Kegiatan Outing Class XI AKL SMKN 12 Malang ke Kantor BPKAD Pemerintah Kota Malang

Hadirnya mata pelajaran baru pada kurikulum 13 revisi, yaitu mata pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Pemerintah melatarbelakangi adanya kegiatan outing class bagi siswa kelas XI Jurusan Akuntansi. Selain karena sudah masuk dalam program kerja, kegiatan outing class ini bertujuan untuk memberikan wawasan sekaligus menunjukkan praktik secara langsung bagaimana penerapan ilmu akuntansi lembaga di instansi pemerintah.

Kerjasama dengan kantor BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Pemerintah Kota Malang sudah berlangsung sejak tahun kemarin. Tahun ini tepatnya pada hari Rabu tanggal 11 Desember 2019, kembali diadakan outing class untuk kedua kalinya, namun tentu saja dengan siswa yang berbeda.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI AKL sejumlah 101 siswa. Mereka didampingi oleh guru produktif AK yaitu Ibu Karunia selaku pengajar mapel PAL, Ibu Jula Dian, dan perwakilan wali kelas XI AK yaitu Ibu Setyawati.

Siswa berangkat dari sekolah secara bersama-sama dan tiba di lokasi sekitar pukul 13.00 WIB. Mereka langsung disambut oleh Bapak Rahmat selaku Kasubid Akuntansi dan Pelaporan BPKAD Pemkot Malang. Beliau memaparkan tetang peran akuntansi di lembaga pemerintahan. Beliau juga menunjukkan bagaimana praktik mencatat jurnal di instansi pemerintah, karena aturan akuntansinya berbeda dengan perusahaan jasa ataupun dagang.

Siswa mengikuti dengan sangat antusias di Ruang Majapahit. Saat sesi tanya jawab, siswa juga aktif bertanya sehingga membuat narasumber semakin bersemangat.

Acara ini diakhiri pukul 15.00 WIB dengan pemberian cendera mata dari SMKN 12 Malang dan foto bersama.

Harapan kami, dari jurusan akuntansi, dengan adanya kegiatan outing class yang rutin, akan semakin menambah semangat siswa untuk belajar dan memperbaiki sikap agar saat lulus nanti mereka dapat dengan cepat terserap di DU/DI.

By: UlyaBrilian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *