SESI III PENTAS KREASI SENI DAN BUDAYA SMKN 12 MALANG: Peringatan Bulan Bahasa 2018

SESI III PENTAS KREASI SENI DAN BUDAYA SMKN 12 MALANG: Peringatan Bulan Bahasa 2018

Sabtu, 13 Oktober 2018

SMKN 12 Malang menyelenggarakan Peringatan Bulan Bahasa 2018 dalam waktu satu bulan. Pada minggu ketiga ini ada 4 kelas yang tampil.

Penampilan pertama dari kelas XII TKJ1. Kelas ini mengambil tema Nusantara. Mereka menampilkan tari, drama, nyanyi, dan flashmop .

Menurut ketua kelasnya, mereka hanya berlatih satu minggu, namun dengan niat dan tanggung jawab dari semua anggota, semua bisa berjalan lancar. Walau sebelumnya tentu saja ada berbagai kesulitan, tapi dapat diatasi.

Selanjutnya dari Kelas XII MM2. Kelas ini menampillkan 4 kelompok yang mengangkat tema yang berbeda. Ada drama tentang romance comedy, kisah cinta seorang kapten dan dokter. Ada Tari Saman dari Aceh, Tari Manuk Dadali dari Jabar, serta dance modern campur tradisional.

Untuk latihan dance hanya membutuhkan waktu 1 minggu, Tari Manuk Dadali membutuhkan waktu 2 minggu, dan Tari
Saman membutuhakan waktu 3 minggu. Sementara untuk drama membutuhkah waktu yang lebih banyak karena harus memahami benar isi dari naskah dan yang paling sulit adalah penghayatan. Latihannya hanya di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM seni dan bahasa Indonesia.

“Kesulitan yang dirasakan adalah menjaga kekompakan, menyatukan perbedaan pendapat, menyisihkan egois, dan berani berpendapat”, ujar Ketua Kelas XII MM2.

Penampilan berikutnya dari XII TKR3. Mereka mengangkat tema tentang Roro Jonggrang. Dalam penampilannya mereka dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu Kelompok Prabu Baka, Bandung Bondowoso, Jin, dan musik.

Latihannya 1,5 minggu setiap pulang sekolah, yang dilakukan di kelas dan lapangan indoor.

Kesulitan yang dirasakan yaitu saat pembacaan naskah drama, teman-teman yang sulit diatur, mencocokkan dan meremix musiknya.

Kesan yang dirasakan saat tampil yaitu jauh dari perkiraan, meskipun tidak hapal naskah, tetapi setiap kelompok melakukan improvisasi yang ternyata menambah daya tarik tampilan.

Kelas XII AK4 menampilkan sebuah legenda yang juga berjudul Roro Jonggrang yang dilengkapi dengan tarian tradisional yang berasal dari Semarang Jawa Tengah, juga tarian jin. Walaupun temanya sama dengan XII TKR3, namun kelas ini mampu menyajikan tampilan eksotik dengan ramuan yang berbeda.

Waktu latihan yang dibutuhkan ±1 bulan, dilaksanakan setiap hari sepulang sekolah.

Alasan memilih tema tersebut karena, Legenda Roro Jonggrang memiliki tema yang klasik, tentang candi dan kerajaan.

Hidup adalah seni menggambar tanpa penghapus. Dengan seni hidup menjadi berwarna dan kepekaan jiwa menjadi terasah.

By: NandaSalsaTitoRizkyF-Timjurnalustiksnechatwolasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *