SMKN 12 Malang Juara 1 Tingkat Nasional Festival Literasi Sekolah, dalam Bidang Lomba Sudut Baca Vokasi

SMKN 12 Malang Juara 1 Tingkat Nasional Festival Literasi Sekolah, dalam Bidang Lomba Sudut Baca Vokasi

Baru-baru ini, SMKN 12 Malang kembali dihebohkan dengan berita prestasi. Kali ini prestasi datang dari beberapa siswa terbaiknya, siapa lagi kalau bukan Febrian Ananta dan Rosa Ayu Dewanti. Dua siswa yang kebetulan satu kelas ini selalu mengharumkan nama Smechatwolasma melalui prestasi-prestasi yang diraihnya.

Perlu diketahui, mereka berhasil menjadi Juara 1 tingkat Nasional dalam Festival Literasi Sekolah (FLS) yang merupakan kegiatan tahunan Direktorat Pembinaan SMK, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berliterasi. Menurut penuturan Febrian terdapat tiga jenis lomba yang diadakan, yaitu Cipta Buku Elektronik, Sudut Baca Vokasi, dan Model Literasi Bergerak.

“Kita dari SMKN 12, mengikuti lomba Sudut Baca Vokasi yang memerlukan beberapa tahap. Tahap pertama, kita mengirim abstraksi yang berupa proposal, dan dari 41 yang mengirim diambil 25 sekolah yang lolos ke tahap kedua. Selanjutnya pada tahap kedua dilakukan pembuatan karya beserta dokumentasi yang dibantu oleh Tim Ekskul Videografi, Bapak/Ibu Guru SMKN 12 Malang, dan Tim Pejuang Literasi,” tutur Febrian. “Setelah lolos ke tahap ketiga dan masuk 10 besar, kita melakukan video conference yang dilakukan bersama juri, dari situ diumumkan 3 besar yang bisa masuk ke tahap display karya di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat,” lanjutnya.

Pada tahap terakhir ini, mereka dihadapkan dengan sebuah tantangan yakni, mereka harus mendisplay karya dan mempresentasikan karya tersebut di hadapan juri, serta dituntut harus pandai berkomunikasi dengan pengunjung yang datang ke stand mereka, ketiga hal tersebut merupakan bagian dari penilaian utama.

Setelah semua tahapan mereka lalui dengan penuh kerja keras, semangat pantang menyerah, dan tentunya dukungan yang datang dari berbagai pihak; hasil yang memang pantas mereka dapatkan datang memihak. Tidak tanggung-tanggung dua siswa di bawah bimbingan Ibu Kartika Ajeng Anggraeni, M. Pd. ini berhasil mempersembahkan piala kemenangan kepada SMKN 12 Malang, sebagai Juara 1 tingkat Nasional.

Namun, dalam sebuah keberhasilan tentunya juga terdapat proses yang teramat panjang dan tidak serta merta dilalui dengan mulus dan tanpa halangan dan rintangan. Di sini pun, mereka mengaku mengalami berbagai kesuliatan khususnya ketika mereka dituntut untuk mahir berkomunikasi dengan pengunjung ketika diadakan display karya.

Terlepas dari semua itu, mereka ingin menyampaikan bahwa “Lebih susah merawat daripada membuat suatu hal yang baru”! Jadi harapan mereka agar semua pihak dapat merawat sudut baca yang ada. Karena merawat sudut baca itu lebih sulit daripada membuat satu sudut yang baru. Mereka juga berharap semoga teman-teman bisa mendukung kegiatan literasi ini dan intinya budayakan membaca.

Sudah ada bukti nyata. Sekarang, tinggal kita yang mau mengikuti jejak mereka atau berdiam diri. Prestasi demi prestasi datang untuk memacu dan memunculkan prestasi-prestasi yang lain. Jadi, marilah kita menggali segala potensi yang ada dalam diri kita, terus mengasah, dan memunculkan pretasi!! SMK BISA!!!

By: SelyRuliAmanda-Timjurnalistiksmechatwolasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *