Tahun Baru … Semangat Baru … demi Menyambut Merdeka Belajar”

’’Tahun Baru … Semangat Baru … demi Menyambut Merdeka Belajar”

Pendidikan merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan peningkatan sumber daya manusia Indonesia. Kebijakan pemerintah di bidang pendidikan dalam kurun waktu ini mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini ditandai dengan terbitnya regulasi-regulasi yang berkaitan dengan pengelolaan pendidikan, pendidik, maupun tenaga kependidikan yang salah satunya adalah program “Merdeka Belajar”. Perkembangan tersebut perlu disikapi dengan bijak melalui berbagai kegiatan yang mengarah pada tercapainya Tujuan Pendidikan Nasional.

Di awal tahun 2020 ini SMKN 12 Kota Malang melaksanakan kegiatan workshop untuk menyambut program Merdeka Belajar yang dikemas dalam tema ”Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tahun Pelajaran 2019/2020″. Workshop ini diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 2 s.d. 4 Januari 2020 bertempat di Aula Bale Batik SMKN 12 Kota Malang.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memberikan penguatan kepada guru mengenai program Merdeka Belajar, penyusunan format RPP sesuai Permendikbud No. 34 Tahun 2018 dan Surat Edaran Mendikbud No. 14 tahun 2019 tentang penyusunan RPP 1 lembar, serta adanya sosialisasi tentang e-SKP; sehingga diharapkan akan dapat menambah wawasan pendidik dan tenaga kependidikan mengenai kebijakan-kebijakan baru dalam bidang pendidikan serta perkembangan sistem pengelolaan pendidikan.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Pengawas Pembina SMKN 12 Kota Malang, Bapak Hariadi, S.Pd. sebagai narasumber. Dalam sela-sela pembinaan, Bapak Pengawas Pembina menyampaikan bahwa saat ini sekolah harus mampu mengikuti dan menyesuaikan perubahan paradiga pendidikan, sekolah harus berupaya untuk dapat meningkatkan skill bagi peserta didiknya sehingga nantinya peserta didik saat lulus mampu bersaing dalam ketatnya persaingan di dunia kerja. Hal utama yang harus ditingkatkan adalah penguatan karakter, etos kerja, serta fisik dan mental.

Selain itu dalam pelaksanaan pembelajaran yang dituangkan dalam RPP, harus berorientasi pada siswa, mampu menumbuhkan sikap yang sesuai dengan kecakapan abad 21 yaitu 4C (critical thinking, collaborative, communicative, and creativity).

Harapan kami, semoga kegiatan workshop ini mampu memberi energi positif sehingga dapat meningkatkan kualitas aktivitas pembelajaran demi mencapai Tujuan Pendidikan yang diamanatkan dalam undang-undang.

By: YH-Kur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *