Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Mata Pelajaran Matematika Materi Dimensi Tiga Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan

— Arik Harianto —

Perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat memberikan dampak kepada cara belajar peserta didik. Salah satu dampak yang paling nampak adalah gaya hidup yang memanfaatkan smartphone dalam berbagai aktivitas termasuk belajar. Ini merupakan tantangan bagi guru. Tantangan tersebut salah satunya adalah penyediaan media pembelajaran untuk peserta didik yang harus dikemas sesuai dengan perkembangan teknologi. Salah satu bentuk pengemasan media pembelajaran yang sesuai perkembangan zaman adalah dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses melalui berbagai platform baik android maupun web.

Tujuan dari pengembangan aplikasi pembelajaran multimedia interaktif berbasis android ini adalah membuat media pembelajaran interaktif matematika yang menarik dan menyenangkan bagi siswa melalui penggunaan aplikasi multimedia interaktif berbasis android sehingga dapat dijalankan di smartphone maupun di web untuk mata pelajaran matematika pada materi Dimensi Tiga untuk kelas XI SMK.

Target luaran penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis android yang dikemas dalam bentuk aplikasi yang dapat dijalankan di smartphone android dan web. Produk ini dibuat dengan menggunakan software utama Articulate Storyline 3. Produk multimedia ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan ajar mandiri oleh siswa (self instruction) ataupun dimanfaatkan secara klasikal di dalam kelas dengan panduan guru, bersifat interaktif yang di dalamnya terdapat navigasi berupa tombol untuk mengakses berbagai materi yang diinginkan, serta dapat disertakan sebagai bahan ajar di web/LMS Moodle, sedangkan untuk isinya berupa animasi interaktif yang dilengkapi video, suara, dan gambar yang menarik serta uji kompetensi.

Hasil Validasi yang dilakukan ahli media, ahli materi, guru dan siswa memperoleh nilai masing-masing 93,75%, 91,67%, 90,63%, dan 96,67% yang menunjukkan bahwa media yang dirancang bersifat sangat valid dan tidak perlu direvisi. Hasil analisis angket diketahui bahwa media pembelajaran ini dapat menarik minat siswa untuk mempelajari materi Dimensi Tiga.

Kata Kunci : matematika, dimensi tiga, android

webadmin
webadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *