Penggunaan Metode Question Student Have Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII AKL I SMKN 12 Malang Di Masa Pandemi Covid 19 Tahun Pembelajaran 2020 -2021

— Lissa’adah —

Pembelajaran PAI di lembaga pendidikan Selama masa Pandemi Covid 19 tetap dilaksanakan melalui jaringan (daring) hal ini dimaksudkan agar social distancing atau physical distancing berjalan maksimal guna memproteksi sedini mungkin pneyebaran virus corona di lingkungan sekolah. Berbagai keluhan dan kendala proses pembelajaran banyak dialami oleh pelaku pendidikan baik siswa guru maupun orang tua wali berkaitan dengan turunnya kwalitas pendidikan dan pengajaran.salah satu siantaranya adalam menurunnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian yang dilakukan pada kelas XII AKL I SMKN 12 Malang. Beruasaha untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan PAI. Dan motivasi belajar seswa serta upaya guru dalam meningkatkan movasi belajar PAI siswa kelas XII AKL I SMKN 12 Malang dengan menerapkan metode Question Studen Have, Dimana pada hakekatnya metode ini digubakan unruk mempelajari keinginan dan harapan anak sisik sebagai dasar untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki siswa guna mencapai hasil belajar yang diharapkan.

Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Tindakan kelas dan merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan Analisis data dilakukan dengan cara menyusun data, mengorganisasikkan data, menjabarkannya ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian memumjukkan Peningkatan motivasi belajar siswa kelas XII AKL I SMKN 12 Malang, yng ditunjukkan dengan meningkatnya pertisipasi siswa dalam saat proses pembelajaran pendidikan Agama Islam berlangsung secara daring. Siswa yang sebelum dilakukan tingakan kelas kurang aktif tampak berani mengunkapkan pertanyaan dan pendapatnya dalam menanggapi pertanyaan peserta didik lainnya. .Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Question Studen Have dengan meningkatnya motivasi belasjar PAI siswa kelas XII AKL I SMKN 12 Malang.

Kata Kunci : metode question student have, motivasi belajar, pembelajaran pai, pandemi covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *