Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Peluang di Kelas XI Tata Boga SMK Negeri 12 Malang Tahun Pelajaran 2019/2020

— Rennis Setyowati —

Pengajar atau guru mengemban tugas yang berat untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring dengan menggunakan platform moodle yang dikenal dengan pembelajaran searah kurang meningkatkan hasil belajar dan aktifitas pembelajaran siswa. Media Interaktif adalah metode komunikasi dimana output dari media berasal dari masukan dari pengguna. Media Interaktif memiliki tujuan yang sama tetapi masukan pengguna menambah interaksi dan membawa fitur-fitur menarik untuk sistem pembelajaran yang lebih baik. Media Interaktif mampu membantu perkembangan anak meliputi sosial dan emosional, perkembangan bahasa, perkembangan kognitif dan pengetahuan umum, dan pendekatan terhadap pembelajaran.

Penelitian ini merupakan PTK (penelitian tindakan kelas) atau classroom action research, yakni penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru atau memperbaiki mutu pembelajaran yang ada di kelas. Populasi penelitian menggunakan seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 12 Malang tahun pelajaran 2019/2020 dan subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI Tata Boga. Hasil rata-rata penilaian belajar dan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar pada data awal sebesar 14 siswa dengan rata-rata 48,65. Sedangkan pada setiap siklus yaitu siklus I mempunyai nilai rata-rata 63, dengan siswa yang dinyatakan tuntas belajar sebanyak 21 siswa dan pada siklus II mempunyai nilai rata-rata 75,23 dengan siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan diketahui bahwa penggunaan media interaktif diperoleh peningkatan ketuntasan dari data awal sebesar 40%, meningkat pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I menunjukkan sebesar 60% dan Siklus II sebesar 87%.

Kata Kunci : media interaktif, materi peluang, hasil belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *