Penggunaan Papan Permainan DIY (DIY Boardgame) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Recount Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMK Negeri 12 Malang

— Kholifani Utami —

Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan Bahasa Inggris disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah minimnya penguasaan kosakata dan kurangnya minat membaca. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan memahami teks bacaan Bahasa Inggris dan meningkatkan minat membaca siswa. Maka dari itu, Papan Permainan DIY (Do It Yourself Boardgame) merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dalam memahami teks recount dengan menggunakan sebuah media pembelajaran yaitu Papan Permainan DIY. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas yang yang terdiri dari 2 siklus dan melalui 4 (empat) tahapan pokok yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan refleksi. 35 siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 12 Malang menjadi subjek penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah Lembar observasi yang diadopsi dari Richards (2002) dan tes yang dilakukan di setiap pertemuan. Hasil tes yang dilakukan di setiap siklus di olah dan dikalkulasikan menjadi bentuk prosentase. Untuk mengukur peningkatan ketercapaian kemampuan memahami teks recount bahasa Inggris siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 12 Malang, maka dihitung rerata % hasil tes di setiap siklus dan digunakan pedoman konversi data kuantitatif ke kualitatif, yang diadaptasi dari Sudjana (1982). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata pada siklus I adalah 61,143. Sedangkan rata-rata pada siklus II adalah 72,14. Terdapat selisih antara kedua siklus sebesar 11,57 yang berarti bahwa perolehan siswa pada siklus II lebih tinggi dari siklus I. Selanjutnya persentase ketercapaian siswa pada siklus II lebih tinggi dibandingkan dengan ketercapaian pada siklus I dengan kategori Baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Papan Permainan DIY, kemampuan siswa kelas X TKJ 1 meningkat dalam memahami teks recount.

Kata Kunci : kosakata, papan permainan DIY, teks recount, alat pelajaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *