Meriahkan HUT ke 16, SMKN 12 Malang gelar berbagai lomba menarik

Ditulis oleh : Melissa Bella Aprilia (X AKL 4)

Editor : Sunumarta Pradana, S.Pd., Gr


Pada tanggal 1 Mei 2023 SMKN 12 Malang memasuki hari jadi ke-16 tahun, dengan sejarah dibangun pada tahun 2003 saat mulanya menjadi SMA. Hingga akhirnya tepatnya pada tanggal 1 Mei 2007 SMAN 12 Malang resmi menjadi SMKN 12 Malang. Warga SMKN 12 Malang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 dengan menggelar beberapa event yang di mulai pada tanggal 3 Mei 2023.

2 Mei 2023 di awali dengan hari pertama masuk sekolah, upacara untuk memperingati hari pendidikan nasional dan kegiatan halal bihalal. Sekaligus para siswa siswi diberi informasi mengenai HUT SMKN 12 Malang.

Hari pertama kegiatan HUT tepatnya pada tanggal 3 Mei 2023, nama event yang pertama adalah Jalan Sehat. Para siswa-siswi diperkenankan memakai baju olahraga dan berkumpul di lapangan indoor dengan didampingi oleh wali kelas. Jalan Sehat di gelar mulai pukul 08.00 WIB – hingga selesai yang dilaksanakan dengan tertib. Event jalan sehat juga dimeriahkan oleh undian doorprize dari panitia, servis motor gratis yang dilaksanakan oleh kejuruan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), bazar dari Kelompok Wirausaha Siswa (KWS) SMKN 12 Malang selama event diadakan, Serta diadakan lomba futsal antar jurusan.

Lomba futsal di laksanakan setelah para siswa siswi selesai melaksanakan Event Jalan Sehat dan para rombongan meninggalkan lapangan Indoor. Lomba futsal di awali dengan pertandingan jurusan TKJ kelas 10 melawan jurusan TO kelas 10. Pada akhir pertandingan final antara X TKJ, XI TKR dan XI TBSM dimenangkan oleh XI TKR sebagai juara pertama XI TBSM sebagai juara kedua dan X TKJ sebagai juara ketiga. Lomba futsal diadakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 3 Mei 2023 sampai 4 Mei 2023. Selamat bagi pemenang lomba!

Hari pertama kegiatan HUT sekaligus hari pertama pengumpulan Baksos (Bakti Sosial) para siswa siswi diperkenankan membawa sembako sesuai dengan yang telah ditentukan. Pengumpulan barang bawaan sosialisasi Baksos dilaksanakan pada tanggal 3 Mei – 4 Mei. Pada tanggal 5 Mei setiap kelas di SMKN 12 Malang dipanggil 3 siswa untuk melakukan pembagian Baksos yang sudah disiapkan. Pembagian Baksos juga meliputi beberapa wilayah salah satunya warga wilayah sekitar SMKN 12 Malang yang membutuhkan.

Dilanjutkan event Smecha Got Talent, event yang bertujuan untuk menunjukkan kebolehan para siswa siswi dalam menampilkan bakat mereka. Event yang bertemakan “Know your talent, improve your Kompetance” ini digelar di bale batik SMKN 12 Malang. Banyak para siswa siswi yang menunjukkan bakat-bakat mereka di Event kali ini, bakat tersebut antara lain Menyanyi, menari, orasi, memainkan alat musik, bahkan ada juga yang menampilkan pantonim, beatbox dan bakat lain sebagainya yang di tampilkan para siswa siswi SMKN 12 Malang, Mereka benar-benar sangat berbakat.

Smecha Got Talent di laksanakan dalam kurun waktu 2 hari. Tepatnya pada tanggal 4 Mei 2023 seleksi para siswa-siswi kelas X dan tanggal 5 Mei 2023 seleksi para siswa-siswi kelas XI. 2 hari seleksi tersebut menghasilkan 6 kandidat yang akan tampil di puncak acara SMKN 12 Malang. Kandidat tersebut antara lain, Prayoga XI MM 3 yang menampilkan bakat beatbox, Anita X AKL 1 yang menujukan suara emasnya, Farrel Stevano X TO 1 berdrama dengan gaya pantomim, Kelvin Nathan X PPLG 2 melantunkan alunan keyboard yang merdu, Rani Wulansari X DKV 1 menunjukkan tarian yang elok nan indah serta Olivia X BCF yang menunjukkan suara emasnya.

Event Smecha Got Talent yang pada akhirnya dimenangkan oleh Prayoga XI MM 3 dengan beatbox nya sebagai juara yang pertama, Farrel Stevano X TO 1 dengan Pantomim sebagai juara yang kedua dan Kelvin Nathan X PPLG 2 dengan alunan musik keyboardnya sebagai juara ketiga.

Event selanjutnya pada tanggal yang sama yaitu, 4 Mei 2023 adalah PPS (Putra-putri Smecha). Event ini diperkenankan para siswa-siswi menyalonkan 1 pasang untuk setiap kelas, seluruh pasangan akan melakukan 2 seleksi antara lain. Seleksi tulis pada tanggal 4 Mei 2023 para peserta akan diberikan soal mengenai kebudayaan dan keorganisasian untuk dijawab di kertas. Seleksi berikutnya pada tanggal 5 Mei 2023 seleksi wawancara, para peserta yang lolos di seleksi tulis akan di wawancarai oleh pihak kesiswaan dan juga BK (Bimbingan Konseling) bersama pasangannya. Dan yang terakhir untuk semi final akan di ambil 5 pasangan atau 10 orang akan membacakan moto untuk menjadi pemenang PPS bersama pasangannya dan juri akan menilai dari segi gestur, mimik wajah dan juga cara jalan.

Pada 3 hari tersebut event Putra-putri Smecha mencari 3 pasangan yang akan menjadi Duta SMKN 12 Malang, dan pada tanggal 11 akan di ambil 3 pasangan untuk tampil di puncak acara. Pada akhirnya event dimenangkan oleh Nadya Mayada X DKV 1 dan Fandi Eka Pratama X PPLG 2 sebagai juara yang pertama, Azza Syafrinia A. P. X AKL 3 dan Ilham Bani SaputraX AKL 1 sebagai juara yang ke-dua, serta Savirra Shinta R. D. X Kuliner dan Roy Lingga Loka U. X AKL 4 sebagai juara yang ke-tiga.

Disamping beberapa event lainnya tadi, event berikutnya adalah Content Creators. Setiap kelas akan mengirimkan minimal 1 video, video video tersebut akan dikumpulkan menjadi satu disebuah platform dan akan dinilai oleh para juri dari segi isi video. Pengumpulan video Content Creators dimulai pada tanggal 4 Mei 2023 dan pada tanggal 5 Mei 2023 penilaian video.

Video top 3 Content Creators akan ditampilkan saat puncak acara HUT SMKN 12 Malang. Pemenang event Content Creators dimenangkan oleh Cecil Maulidya, Citra Bella, Nezza Alissya sebagai juara yang pertama.

Memasuki event terakhir, yaitu event Lomba Qiroah. Dilaksanakan pada tanggak 5 Mei 2023, setiap kelas mengirimkan masing masing 1 perwakilan untuk mengikuti lomba ini, setiap peserta wajib mendaftarkan diri sebelum mengikuti lomba. Event ini digelar di ruangan C. 14 dan di juri oleh pak Ahmad, pak Ramli, dan pak Damaris. Pemenang lomba Qiroah antara lain Devy Maytara kelas XI TB 1 sebagai juara yang pertama, Zordan Wigotama kelas X AKL 4 sebagai juara ke-dua, Shita kelas XI TKJ sebagai juara ketiga.

Aulia
Aulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *