UJI KOMPETENSI PASCA PRAKERIN

Pada hari Senin, 11 Desember 2023 SMK Negeri 12 Malang melaksanakan “Uji Kompetensi Pasca Prakerin”

Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 WIB di lapangan Indoor SMK Negeri 12 Malang

Kegiatan ini dilaksanakan oleh peserta didik di beberapa kelas setiap jurusan yang telah selesai melaksanakan PKL. Kegiatan ini diikuti oleh kelas :

12 AK 3 

12 TSM 2 

12 TKR 3 

12 MM 2 

12 MM 3 

12 TKJ 1 

12 RPL 1

12 TB 1

Selama 3 hari peserta didik yang melaksanakan PKL diizinkan pulang dan diizinkan ke sekolah dalam rangka ujian pasca prakerin. Selama 3 hari fokus menyelesaikan berkas pasca PKL.

Pertama hari Senin 11 Desember, seluruh peserta didik dibariskan di lapangan Indoor yang dipimpin oleh bapak Achmad Suprayitno sebagai wakil kesiswaan bidang humas. Selain itu, ada juga bapak Drs. Suryanto M. Pd. Bapak Drs. Suryanto M. Pd memberikan pengarahan kepada peserta didik yang pulang PKL. Setelah itu dibubarkan dan setiap peserta didiki menemui wali kelas untuk diberi pengarahan. Lalu bertemu bapak ibu guru pembimbing untuk konsultasi dan validasi. (laporan, jurnal, berkas).

Kedua hari Selasa 12 Desember, peserta didik yang pulang PKL melakukan konsultasi dengan guru pembimbing untuk konsultasi lagi mengenai laporan agar dapat direvisi lalu dipresentasikan. Presentasi ini dilakukan di setiap ruangan sesuai dengan ketentuannya. Ada juga beberapa jurusan yang langsung melakukan presentasi pada hari itu, tetapi masih belum sesuai dan harus melakukan revisi kembali. 

Ketiga hari Rabu 13 Desember, peserta didik yang belum melakukan presentasi pada hari kedua, mereka melakukan presentasi di hari ketiga. Tetapi, bagi yang sudah presentasi di hari kedua, mereka tidak perlu melakukan presentasi di hari ketiga. Selain itu, di hari ketiga juga ada yang melakukan praktek. Ada beberapa jurusan yang melakukan praktek pada hari ketiga salah satunya 12 TKR 3.

Setelah melakukan uji kompetensi pasca prakerin, peserta didik kembali ke tempat PKL masing masing dan PKL kembali. Peserta didik yang PKL akan melanjutkan PKL nya sampai jangka waktu yang tidak dapat ditentukan karena sesuai DUDI masing masing. Tetapi ada juga yang pada hari Kamis 14 Desember mungkin masih belum selesai dan harus kembali ke sekolah untuk  mengumpulkan laporan.

Alfrina Widya Sutrisna X AKL 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *