IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENCETAK WIRAUSAHA DALAM PEMBENTUKAN SKILL MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SMKN 12 MALANG

Oleh : Drs. SURYANTO, M.Pd

PENDAHULUAN

Program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) di SMK Negeri 12 Malang dibentuk sebagai pilar pendidikan kewirausahaan yang diharapkan mampu mendukung visi misi sekolah dalam menanamkan perilaku mandiri, gotong royong, kreatif, bernalar kritis dan berkebhinakaan global, serta menyebarluaskan semangat kewirausahaan di lingkungan sekolah khususnya, dan umumnya masyarakat luas.
Program kewirausahaan dimaksudkan sebagai salah satu upaya memberi bekal kepada peserta didik agar mereka memahami konsep kewirausahaan, memiliki karakter wirausaha, mampu memanfaatkan peluang, dan mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan.

KEGIATAN 1

Penjaringan dan pendataan calon peserta anggota Kelompok Wirausaha Siswa SMKN 12 Malang (KWSK12)

Pada kegiatan awal ini dilakukan pendataan siswa yang memiliki usaha pada seluruh siswa kelas X, XI, dan kelas XII. Pendataan dilakukan berkolaborasi dengan guru pengampu Pendidikan Kewirausahaan dan Produk Kreatif (PKDK) melalui link googleform_siswa berwirausaha. Siswa yang diperbolehkan mengisi link adalah siswa yang memiliki usaha dalam bentuk on line ataupun off line. Berapapun omsetnya apapun jenis dan bidang usaha siswa dapat mendaftarkan diri. Selain usaha dijalankan secara mandiri, siswa yang diperbolehkan mendaftar bisa usaha yang bergabung dengan kelompok/komunitas ataupun dikelola bersama keluarga.

KEGIATAN 2

Sosialisasi program Sekolah Pencetak Wirausaha, peresmian anggota Kelompok Wirausaha Siswa SMKN 12 Malang dan penjaringan siswa wirausaha.

Tujuan kegiatan ini adalah mensosialisasikan program SPW sekolah pada seluruh warga SMK Negeri 12 Malang, dan kolaborasi penyelenggaraan kegiatan SPW yang terintegrasi dalam mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan.
Melalui program yang bentuk pada kegiatan SPW, sekolah membentuk peserta didik memiliki kompetensi abad 21 yang mampu berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dalam berwirausaha.

KEGIATAN 3

Diklat membangun personal branding dalam berwirausaha

Tujuan utama kegiatan ini adalah siswa mengetahui dan memahami ciri khas, keunikan dan berfokus pada produk, dapat mengendalikan reputasi diri sendiri, sehingga membuat orang lain ciri khas dan keunikan produk, fokus pada kelebihan kita, hingga akan mendapatkan penilaian yang lebih bagus di mata orang lain.

KEGIATAN 4

Event & Bazaar pada acara service gratsis bersama PT. Astra Daihatsu di SMK Negeri 12 Malang

Kegiatan ini merupakan hasil pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKDK) yang puncak projectnya adalah pemasaran melalui kegiatan event salah satu program SPW SMK Negeri 12 Malang. Program SPW yang terintegrasi dengan pembelajaran memfasilitasi siswa belajar di luar kelas dengan open booth dalam hal ini sebagai siswa sebagai tenant pada Event & Bazaar pada acara service gratis bersama PT. Astra Daihatsu di SMK Negeri 12 Malang.

KEGIATAN 5

Workshop pemanfaatan digital marketing untuk meningkatkan penjualan.

Tujuan utama kegiatan pemanfaat digital marketing ini, bagi siswa adalah menguasai skill pemasaran dengan sarana media digital marketing sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen secara cepat dan tepat dengan memanfaatkan marketplace.
Selain tujuan tersebut, ada beberapa manfaat pemanfaatan digital marketing, diantaranya mengenal lebih dalam mengenai digital marketing, mengefisiensi operasinal dan pemasaran yang tepat untuk meraih target pasar yang telah ditentukan, menghindari kesalahan dalam melakukan pemasaran melalui media digital.

KEGIATAN 6

Entrepreneur Day 2023 SMKN 12 Malang

Pada pelaksanaan kegiatan Entrepreneur Day 2023 SMK Negeri 12 Malang peserta yang tergabung merupakan siswa KWSK12 yang memiliki usaha, namun juga terdapat siswa diluar dari kelompok KWSK12 yang ikut berpartisipasi. Entrepreneur day menyatu dengan event HUT SMK Negeri 12 Malang.

PENUTUP

Kegiatan belajar berwirausaha di luar kelas bagi siswa sangat diperlukan, bukan hanya belajar teori kewirausahaan saja tetapi langsung terjuan praktik lapangan sehingga siswa dapat merasakan secara langsung bagaimana berinteraksi dengan konsumen, menghadapi calon konsumen yang tidak tertarik dengan jualan siswa dan melatih kepercayaan diri.
Sesuai perkembangan jaman pemanfaatan digital marketing sangat diperlukan dan perlu dikuasai, sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen secara cepat dan tepat dengan memanfaatkan marketplace. Selain itu, mengenal lebih dalam mengenai digital marketing, mengefisiensi operasinal dan pemasaran yang tepat untuk meraih target pasar yang telah ditentukan, menghindari kesalahan dalam melakukan pemasaran melalui media digital.

PROGRAM LANJUTAN

Fokus program lanjutan adalah optimalisasi pendayagunaan potensi sumberdaya sekolah, keunggulan lokal dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan kewirausahaan. Komitmen siap mencetak pengusaha muda berkarakter dan berintegritas melalui kegiatan INKUBATOR BISNIS. SMK Negeri 12 Malang berkomitmen menumbuhkembangkan nilai-nilai kewirausahaan bagi siswa untuk menghasilkan lulusanyang memiliki jiwa kewirausahaan, dan meningkatkan jumlah siswa berwirausaha. Semua kegiatan
Program Inkubator Bisnin ditujukan untuk meningkatkan jiwa wirausaha siswa, meningkatkan jumlah siswa yang berwirausaha, dan mengembangkan model pendidikan kewirausahaan. Keberhasilan Program Inkubator Bisnis diukur dengan jumlah siswa berwirausaha dan tumbuhnya jiwa wirausaha siswa.

INKUBATOR BISNIS SMK NEGERI 12 MALANG

Inkubator bisnis adalah program pembinaan pengembangan kewirausahaan. Tujuannya adalah untuk mendukung akselerasi sebuah bisnis rintisan siswa dalam mencapai kesuksesan. Inkubator bisnis berperan dalam memberikan kebutuhan sumber daya dan layanan yang diperlukan oleh siswa berwirausaha untuk berkembang.
Inkubator bisnis adalah tempat bagi bisnis rintisan siswa untuk mematangkan bisnis mereka sebelum bisa betul-betul mandiri dan berkembang sukses. Upaya ini diharapkan memunculkan produk-produk usaha unggulan SMK Negeri 12 Malang berkesinambungan.
Program Inkubator Bisnis menitikberatkan pada peluang usaha yang berbasis pada permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi masyarakat. Kemudian untuk mewujudkan penguatan ekosistem kewirausahaan di SMK Negeri 12 Malang, kerjasama dengan DUDI dilakukan agar produk-produk yang dihasilkan startup siswa merupakan solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat. Berbagai macam pendidikan kewirausahaan yang diselenggarakan SMK Negeri 12 Malang, antara lain: pemberian bekal pengetahuan dalam bentukmata pelajaran kewirausahaan, penyelenggaran seminar dan guru tamu kewirausahaan, pelatihan kewirausahaan, kunjungan industri, dan mengikuti ekspo.

TUJUAN

Tujuan umum

  1. Mendorong tumbuhnya wirausaha muda terdidik, berkarakter, dan memiliki pola pikir sebagai pencipta lapangan kerja, minimal bagi dirinya sendiri untuk mengurangi jumlah pengangguran terdidik.
  2. Menumbuhkembangkan wirausaha baru kreatif dan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan khusus

  1. Menumbuhkan motivasi berwirausaha di lingkungan mahasiswa
  2. Membangun sikap mental wirausaha yaitu: percaya diri, sadar akan jati dirinya, bermotivasi untuk meraih cita-cita, pantang menyerah, kerja keras, kreatif, inovatif, berani mengambil risiko dengan perhitungan, social networking, mempunyai jiwa pemimpin yang memiliki visi ke depan, tanggap terhadap saran dan kritik, memiliki kemampuan empati dan keterampilan sosial.
  3. Meningkatkan kecakapan dan keterampilan siswa khususnya Sense of Business.
  4. Menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan.
  5. Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  6. Membangun jejaring bisnis antar pelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan.

LUARAN

Luaran yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan program:

  1. Peningkatan kuantitas dan kualitas siswa berwirausaha terdidik dan berkarakter berbasis ilmu pengetahuan teknologi dan seni.
  2. Siswa yang mendapat sertifikat pelatihan dan kunjungan industri
  3. Usaha unggulan SMK Negeri 12 Malang (Jasa & Produk Unggulan)
  4. Produk & Jasa usaha unggulan SMK Negeri 12 Malang

Powered By EmbedPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *