Pengalaman dan Prestasi Ekstrakurikuler Bola Voli SMKN 12 Malang

SMK Negeri 12 Malang telah lama menjadi tempat yang menginspirasi bagi peserta didik untuk mengejar bakat dan minat mereka dalam berbagai bidang, termasuk olahraga bola voli. Sekolah ini menyediakan tempat yang tepat bagi mereka yang ingin mengembangkan keterampilan dan meraih prestasi dalam bidang ini.

Banyaknya peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bola voli mendorong SMK Negeri 12 Malang untuk memberikan fasilitas yang cukup agar mereka bisa berprestasi. Sejak awal, ekstrakurikuler bola voli telah menjadi bagian penting dalam eksistensi ekstrakurikuler.

Dalam perjalanan awal ekstrakulikuler voli di SMK Negeri 12 Malang, pelatih bola voli di SMK Negeri 12 Malang pernah dipegang dengan Ibu Isbandriyawati, pelatih bola voli SMKN 12 Malang sebelum Pak Christyan, memberikan wawasan mendalam tentang masa keemasan ekstrakurikuler bola voli di sekolah ini. Ibu Isbandriyawati, begitu ia akrab disapa dengan bu iis, memegang peran penting dalam membentuk tim bola voli yang tangguh dan berprestasi pada tahun 2014/2015.

Ibu Iis mengisahkan bagaimana pada masa kepelatihannya, tim bola voli SMKN 12 Malang, yang dikenal dengan nama “Rolas,” terdiri dari pemain-pemain berbakat seperti Dimas (tosser), Ifan, Wahyu, Isra, Candra (smash), Lukas, Irfan, Amin, Gagag, Novan, dan Sultan. Tim Rolas sering diundang untuk sparing dengan SMK dan SMA di Malang dan sekitarnya, serta beberapa kali meraih juara di berbagai turnamen.

Latihan rutin dijadwalkan satu kali dalam seminggu di sekolah, sementara peserta didik yang di ekstrakulikuler ini melanjutkan pengembangan diri secara mandiri di club-club luar sekolah atau di rumah masing-masing. Pendekatan ini memungkinkan untuk terus meningkatkan kemampuan mereka meskipun tidak selalu berada dalam lingkungan sekolah.

Tim Rolas dikenal dan disegani bahkan oleh sekolah-sekolah swasta yang terkenal sebagai gudangnya atlet. Salah satu pemain dari SMK swasta di Malang pernah menyatakan bahwa tim Rolas tangguh berkat kepedulian Ibu Iis sebagai pelatih yang memperlakukan mereka seperti teman. Tim Rolas pernah berpartisipasi dalam turnamen di Probolinggo dan beberapa kali meraih juara kedua di Kota Malang. Mereka juga berhasil meraih juara kedua dalam lomba bola voli pantai di Kostrat Rampal.

Salah satu pertandingan paling berkesan bagi Ibu Iis adalah ketika tim Rolas bertanding melawan SMK se-Malang dan dalam turnamen bola voli pantai. Meski awalnya tidak mendapatkan dukungan penuh dari sekolah, Ibu Iis tetap bertekad untuk mendaftarkan timnya secara pribadi. Keberhasilan tim dalam meraih juara di kedua pertandingan tersebut menjadi sumber kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi Ibu Iis.

Dokumentasi Ekstrakurikuler Bola Voli
Dokumentasi Ekstrakurikuler Bola Voli

Meski tim voli SMK Negeri 12 Malang sering mengalami pasang surut prestasi, hal ini tidak mengurangi semangat mereka untuk terus berjuang. Salah satu pencapaian membanggakan adalah menjadi juara kedua di tingkat Malang Raya. Namun, perjalanan mereka tidak selalu mulus. Pada bulan Mei lalu, tim mengikuti turnamen bola voli tingkat provinsi tetapi harus terhenti di babak awal setelah bertemu dengan tim juara bertahan.

Sekolah menunjukkan dukungan penuh terhadap kegiatan ekstrakurikuler ini, terutama ketika tim membawa pulang piala kemenangan. Dukungan ini menjadi dorongan moral bagi siswa ekstrakulikuler bola voli untuk terus berusaha mencapai yang terbaik.

Salah satu peserta yang aktif dalam ekstrakurikuler bola voli di SMK Negeri 12 Malang yaitu yang bernama Ilmi. Melalui wawancara, Ilmi berbagi pengalamannya yang penuh semangat dan inspirasi, mulai dari awal bergabung hingga pandangannya tentang latihan dan prestasi.

Ilmi mengungkapkan bahwa pengalaman awalnya bergabung dengan tim bola voli SMK Negeri 12 Malang cukup menyenangkan. Ia mengira akan bertemu dengan banyak pemain hebat dan berpengalaman, dan ekspektasi tersebut terpenuhi. Rekan-rekan timnya bersikap baik, dan ia merasa tidak kalah dengan mereka. Latihan pertama kali sangat berkesan baginya karena mendapatkan banyak teman baru yang memiliki hobi sama. Selain itu, ada alumni yang ikut latihan dan membantu menyesuaikan umpan sehingga ia bisa melakukan smash yang mengagumkan. Banyak materi yang didapatkan dalam latihan pertama tidak jauh berbeda dengan latihan di klubnya.

Sebagai outside hitter, Ilmi giat berlatih untuk mengembangkan keterampilannya dan memperbanyak drill bola open serta tiga meter dari posisi 6. Posisi ini memerlukan kemampuan untuk menyumbang banyak poin bagi tim, sehingga latihan yang intensif sangat penting.

Ia juga memberikan saran berharga bagi siswa baru yang ingin bergabung dengan ekstrakurikuler bola voli. Ilmi menekankan pentingnya giat berlatih dan konsistensi. Selain itu, ia mengingatkan agar tidak minder meski belum memiliki perlengkapan voli lengkap atau jika ada kakak kelas yang lebih berpengalaman. Menurutnya, yang paling utama adalah niat dalam berlatih dan belajar dari pemain yang lebih berpengalaman.

Dengan semangat yang terus berkobar, tim bola voli SMK Negeri 12 Malang menatap masa depan dengan penuh harapan. Dalam waktu dekat, mereka bercita-cita untuk menjadi yang terbaik di kota Malang. Lebih jauh lagi, mereka memiliki ambisi untuk mewakili provinsi Jawa Timur dalam kejuaraan tingkat nasional.

Dukungan sekolah, dedikasi pelatih, dan semangat para siswa menjadi kombinasi yang kuat untuk mewujudkan mimpi-mimpi ini. SMK Negeri 12 Malang tidak hanya menjadi tempat belajar, tetapi juga menjadi tempat di mana bakat dan semangat berkompetisi terus dikembangkan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *