— Harimawan Aprianto —
Rendahnya kualitas penilaian serta monotonnya instrumen penilaian harian pada kegiatan pembelajaran saat ini membuat perubahan kurikulum dari masa ke masa menjadi tidak bermakna. Setelah pandemi berakhir, pemanfaatan Teknologi Informasi untuk mendokumentasikan kegiatan pembelajaran dan penilaiannya juga semakin menurun.
Aplikasi LMS Moodle untuk e-learning dapat memfasilitasi pengajar untuk melakukan modernisasi kegiatan pembelajaran dan pendokumentasiannya. Meskipun aplikasi ini bersifat daring, namun kegiatan pembelajaran tidak harus dilakukan secara daring pula. Fitur-fitur seperti rapor, ragam pertanyaan tes, analisa butir soal dan penilaian kinerja menggunakan rubrik bisa dimanfaatkan untuk mengelola kegiatan pembelajaran secara utuh dan terbuka.
Penerapan penilaian autentik berbasis rubrik penilaian kinerja dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi LMS Moodle. Dokumentasi kegiatan pembelajaran berupa lembar kerja, kriteria kinerja, tingkat pencapaian, serta hasil berupa umpan balik bisa dikelola dengan baik, utuh dan sederhana.