Kegiatan SMK Coding dari Kementerian Informatika dan Komunikasi Diselenggarakan di SMKN 12 Malang

Kegiatan SMK Coding dari
Kementerian Informatika dan Komunikasi Diselenggarakan di SMKN 12 Malang

Sudah banyak dijelaskan di berbagai media sosial bahwa saat ini lulusan SMK menjadi penyumbang terbesar pengangguran di NKRI ini.

Oleh karena itu Keminfo ingin membantah hal tersebut dan memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMKN 12 Malang khususnya jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) untuk mengikut SMK Coding.

SMK Coding merupakan program pelatihan gratis bersertifikasi yang diakui dan sesuai dengan standar Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. SMK Coding ini merupakan kelas pelatihan dengan berbasis project based learning dan kurikulum yang relevan dan efektif yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Industri.

Kegiatan ini dilaksanakan 10 kali pertemuan setiap Sabtu dan Minggu selama 5 pekan, dari tanggal 2 s.d.31 Maret 2019.

On-site Trainer dari komunitas (Indonesia Android Network dan Microsoft User Group Indonesia), yaitu:
1. Arie Rachmad Syulistyo, S.Kom., M.Kom., dan
2. Rama Romara Ardiansyah.

Tujuan dari SMK Coding yaitu ingin meningkatkan softskills dan hardskills siswa sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan industri sehingga mempercepat keterserapan siswa ke dalam industri.

Terdapat beberapa materi yang disampaikan dalam program SMK Coding KEMINFO ini, di antaranya:
1. Linear Layout dan Relative Layout
2. Intent dan Intent Result
3. Fragmen dan View Page
4. CRUD Room
5. Rest API
6. Firebase
7. IOT
8. Softskills dunia kerja dan persiapan dunia kerja.

Program ini diikuti oleh 25 orang siswa kelas X dan XI jurusan RPL. Dengan adanya program dari KEMINFO para siswa dapat memperoleh ilmu baru tentang Android Studio yang sebelumnya belum dipelajari di sekolah. Para peserta bisa mengetahui proses dari awal bagaimana cara membuat aplikasi android.

Salah seorang peserta berkomentar, “Dalam dunia rekayasa perangkat lunak tidak hanya membuat sebuah web. Saya berharap program ini tidak berhenti di sini. Adik-adik kelas juga nanti bisa belajar bagaimana membuat aplikasi android”, ujar Nabila, salah satu peserta program SMK Coding Keminfo.

Semangat Para Calon Progammer Masa Depan!! 💪🏻

By:DianFauzilah-JurnalistikSmechatwolasma

One comment

  1. Sayang untuk SMKN 12 untuk siswa RPL masih belum bersertifikat Oracle.Mungkin bisa digagas kedepannya sertifikat Oracle digunakan siswa untuk terjun didunia kerja dimana basic mereka adalah berkaitan langsung dengan server database

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *