Guru Tamu Akuntansi – PT. Cipta Sarana Cendekia

Salah satu agenda akhir semester genap Program Keahlian Akuntansi SMKN 12 Malang adalah mengundang Guru Tamu dari DU/DI. PT. Cipta Sarana Cendekia dipilih sebagai Guru tamu pada kesempatan kali ini. Materi yang disajikan adalah tentang “How to Create Powerful Presentation

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Juni 2021 di Ruang Bale Batik, dari pukul 08.00 – 11.00 WIB. Yang hadir sebagai Guru Tamu adalah Direktur PT. Cipta Sarana Cendekia yaitu Bapak Alfianto Cahyono, SE. Beliau sudah sangat berpengalaman di bidang Akuntansi dan Perpajakan serta soft skill untuk menghadapi dunia kerja. Dengan diikuti oleh 36 siswa kelas XII AKL dan didampingi oleh guru produktif AK serta wali kelas, seluruh siswa mengikuti kegiatan dengan tertib dan penuh semangat. Guru Tamu dihadirkan agar membuka wawasan siswa tentang bagaimana membuat presentasi yang memiliki kekuatan serta kemampuan public speaking.

Dibuka oleh Kepala Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga yang memaparkan peran penting softskill dan hard skill bagi siswa lulusan SMK. Juga dipaparkan tentang budaya industry 5S yang sudah mulai diterapkan di SMKN 12 Malang. Kemudian dilanjutkan dengan paparan Materi dari Bapak Alfianto Cahyono, S.E.

Mengawali pemaparan materi, siswa diminta untuk membuat deskripsi diri sekarang sampai 5 tahun yang akan datang dan bisa dipresentasikan dalam waktu 3-5 menit. Siswa kemudian secara perwakilan maju untuk mempresentasikan hasil dari pekerjaannya dan langsung diberi komentar oleh Bapak Alfianto Cahyono.

Narasumber menyampaikan bahwa softskill lebih diutamakan daripada kemampuan akademis. DU/DI tidak mencari siswa yang hanya pandai secara akademis, melainkan yang mau belajar, cepat beradaptasi dengan lingkungan, disiplin, bisa bekerja sama, dan bisa berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan baik. Selain itu beliau juga menekankan tentang bagaimana tips dan trik menghadapi wawancara kerja. Bagaimana sikap yang baik saat melakukan wawancara dengan pimpinan perusahaan.

Kegiatan guru tamu ini diharapkan mampu memberi motivasi dan inspirasi agar para siswa semakin semangat membentuk sikap positif dan memahami betapa pentingnya softskill agar siswa akuntansi benar-benar siap kerja ketika sudah lulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *