Lakukan Outbound (P5), Ciptakan Peserta Didik Peka Sosial

Projek Penguatan profil pelajar Pancasila (P5)  merupakan kegiatan yang penting dalam memupuk kesadaran sebagai Pelajar pancasila bagi peserta didik SMK Negeri 12 Malang. Dalam kegiatan ini, SMK Negeri 12 Malang telah memasuki projek ke 2 dengan tema bangun jiwa raganya dengan fokus tema “bullying“.

Foto 1 : Peserta didik mengikuti kegiatan outbound P5

Pemilihan tema ini disandarkan kepada fenomena yang sering terjadi pada kehidupan sehari hari dan berpotensi berdampak negatif kepada peserta didik. Bully merupakan aktifitas perundungan atau penindasan terhadap seseorang atau lebih dan memiliki dampak kerugian baik secara fisik ataupun mental sehingga tema ini dianggap perlu untuk diberlakukan harapannya menumbuhkan kesadaran sosial yang positif

Jum’at (3/2) telah memasuki pekan ke 4 berlakunya kegiatan P5. peserta diajak beraktivitas bersama dengan melakukan outbound di lapangan indoor SMK Negeri 12 Malang, Kegiatan outbound dimulai dengan kegiatan bernama labeling. Kegiatan labelling ini mengajak peserta didik untuk mencatat sifat yang dimiliki peserta didik lain secara bergantian sesuai arahan dari pemandu acara. Kegiatan ini dmaksudkan untuk menumbukan prasangka positif, sikap asertif dan memupuk kebersamaan antar peserta didik. Labelling bertujuan agar pesert didik memahami bahwa prasangka buruk dapat berakibat negatif terhadap karakter seseorang.

Foto 2 : Peserta didik mengikuti instruksi dari guru dalam kegiatan outbound

Kegiatan selanjutnya peserta didik diajak melakukan permainan estafet gambar dengan aktivitas peserta didik untuk meneruskan gambar yang dimulai oleh temannya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat mengajak masing masing peserta didik tentang pentingnya kerjasama untuk menyelesaikan misi secara bersama.

“Harapannya dengan digelarnya outbound sebagai rangkaian kegiatan P5 ini akan terbentuk pola fikir peserta didik yang paham terhadap pentingnya kehidupan sosial dan menghargai setiap makhluk ciptaan Tuhan yang maha esa” pungkas Bu Ita – Guru BK sekaligus penanggung jawab kegiatan projek ke 2 P5 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *