Gandeng Dinas Kesehatan Kota Malang, Puskemas Polowijen dan UKS SMK Negeri 12 Malang untuk Penyuluhan Kesehatan, Screening Anemia & Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular

Ratusan peserta didik khususnya remaja putri di SMK Negeri 12 Malang mengikuti kegiatan Penyuluhan Kesehatan, Screening Anemia dan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) bersama TIM Puskesmas Polowijen, Kamis (9/2). Kegiatan berlangsung dari jam 08.00 WIB sampai dengan selesai di ruang Unit Kesehatan Siswa (UKS).

Petugas Melakukan Screening Kepada Salah Satu Peserta Didik

Screening Anemia dilakukan untuk mengetahui kadar Hemoglobin (Hb) pada remaja putri dan bagi peserta didik yang terdeteksi anemia akan dievaluasi untuk dilakukan tindakan pengobatan. Sehingga dengan kegiatan ini sangat membantu untuk mengetahui kondisi kesehatan peserta didik agar tidak terjadi kekurangan energi kronis (KEK) pada masa pertumbuhan.

Kegiatan screening dimulai dengan pemeriksaan secara bergantian oleh peserta didik dengan urutan baik kelas maupun individu oleh petugas puskesmas dibantu oleh TIM UKS beserta Kader Kesehatan Remaja (KKR). Peserta didik terlihat antusias untuk dapat mengetahui kondisi diri mereka masing – masing.

Guru Beserta Peserta Didik Antre Melakukan Registrasi Sebelum Dilakukan Kegiatan Screening

Disamping itu peserta didik juga diberikan penyuluhan Kesehatan, tentang pentingnya mengkonsumsi tablet Fe secara rutin bagi remaja putri. Penyuluhan dilakukan untuk memberi edukasi kepada peserta didik untuk dapat sadar dan tanggap kepada kondisi dirinya khususnya terhadap kondisi tubuh jika mengalami anemia.

Bukan hanya peserta didik saja, tetapi guru beserta karyawan juga diberikan kesempatan untuk memeriksakan kondisi diri terhadap penyakit tidak menular (PTM). Kesempatan ini dimanfaatkan oleh guru beserta karyawan untuk dapat mengetahui kondisi tubuh terhadap penyakit.

Kegiatan ini disambut secara positif oleh civitas akademika SMK Negeri 12 Malang. Bu Yeni selaku koordinator UKS berharap “kedepan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan setidaknya setiap tahun ajaran.” Hal senada juga disampaikan oleh Azza (X AKL 3) ” semoga kedepan dapat terlaksana kembali kegiatan seperti ini dan dirasakan oleh semua.tingkatan kelas baik kelas X, XI dan XII”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *