Jelang UKK 2023 : Program Keahlian Akuntansi & Keuangan Lembaga Selenggarakan Try Out UKK secara Serentak

Uji Kompetensi Keahlian yang selanjutnya disebut UKK adalah penilaian terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha / industri dengan memperhatikan paspor keterampilan dan/atau portofolio, UKK adalah proses penilaian melalui pengumpulan bukti yang relevan untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada suatu kualifikasi tertentu.  Peserta UKK merupakan siswa SMK aktif yang telah menuntaskan materi pembelajaran yang akan diujikan dan menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam 1 (satu) event penilaian. 

Salah satu bentuk upaya agar UKK bisa berjalan lancar dan siswa lebih siap, Program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga menyelenggarakan Try Out UKK secara serentak yang diikuti oleh seluruh siswa 12 AKL sejumlah 104 siswa terdiri dari 12 AKL 1, 2 dan 3.

Try Out UKK dilaksanakan 2 hari yaitu Selasa dan Rabu, 14 dan 15 Februari 2023.

Pelaksanaan Try Out UKK Akuntansi
Pelaksanaan Try Out UKK Akuntansi
Pelaksanaan Try Out UKK Akuntansi

Pada Hari Selasa 14 februari 2023, siswa mengerjakan siklus Akuntansi Manual yang terdiri dari 3 Tahap : Mengelola Jurnal, Memproses Buku Besar dan Menyusun Laporan Keuangan mulai dari jam 07.00 – 15.30 WIB. Sedangkan Hari Rabu, 15 Februari 2023, siswa mengerjakan Komputer Akuntansi (MYOB) dan Spreadsheet. Tanggal tersebut dipilih karena di hari tersebut mayoritas adalah Jam Produktif. 

Kegiatan Try Out UKK dilaksanakan di Ruang Kelas 12 (G 2.6, G 27, G28) dan sebagian di Bale Batik dan diawasi oleh Guru Produktif AKL yaitu Ibu Lilik Sari Permata, Ibu Ratna Novitayati, Ibu Karunia Indayarti, Ibu Jula Dian dan Ibu Ulya Brilian.

Besar harapan agar Try Out UKK mampu menyiapkan kompetensi sekaligus mental siswa dalam menghadapi UKK Tahun 2023. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *