Rayakan Puncak Dies Natalis SMKN 12 Malang Ciptakan Momen Yang Berbeda

Ditulis oleh : Tasya Miftakhul Jannah ( X AKL 4)

Editor : Sunumarta Pradana, S.Pd., Gr

Hari ulang tahun atau yang biasa disebut HUT merupakan sebuah kegiatan rutin yang akan dilaksanakan sekolah di setiap tahunnya. Pada tanggal 1 Mei 2023, SMK Negeri 12 Malang resmi berdiri selama 16 tahun. SMK Negeri 12 Malang merayakan acara HUT selama 9 hari yakni tanggal 3-11 Mei 2023, yang dimana tanggal 11 Mei merupakan puncak dari acara tersebut. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh OSIS SMK Negeri 12 Malang. Perayaan HUT pada tahun ini, kepanitiaan dari OSIS mengangkat tema “Do your best, do your magic”.

Hari ulang tahun ke-16 SMK Negeri 12 Malang menjadi momen istimewa karena hari bahagia tersebut diperingati setelah pandemi coronavirus disease (Covid 19) dimana kegiatan ini di tiadakan pada tahun kemarin. Oleh karena itu, acara HUT pada tahun ini dilaksanakan dengan semeriah mungkin dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan di antaranya bakti sosial, event, dan scart (puncak acara). Pada hari ke sembilan tepatnya pada tanggal 11 Mei merupakan puncak acara HUT SMKN 12 Malang. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya yang diikuti oleh seluruh warga SMK Negeri 12 Malang. Di dalam acara tersebut Bapak Drs. Suryanto, M. Pd selaku kepala sekolah menyampaikan motto 16 tahun SMK Negeri 12 Malang “Kompeten, Berani Berkarya, Berkarakter” dimana kompeten merupakan harapan SMK Negeri 12 Malang untuk meluluskan alumni yang kompeten ahli di bidangnya masing-masing. Beliau berharap agar SMK Negeri 12 terus maju dan mencetak para generasi muda yang unggul dan berprestasi. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa sekaligus pemotongan tumpeng yang dipimpin oleh Bapak Ramli S. Ag dan dilanjutkan dengan pembagian doorprize serta penampilan para finalis dari setiap lomba. Riuh penonton dan pendukung yang terdengar di setiap penampilan peserta. Selesai penampilan tersebut dilanjut dengan acara pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah. Para peserta didik juga telah disediakan bazar yang telah disiapkan oleh tim kewirausahaan dan dari perwakilan setiap kelas. Acara HUT di tutup dengan penampilan oleh The Java Band dengan menyanyikan berbagai lagu pop.

puncak acara HUT SMK Negeri 12 Malang ke 16
puncak acara HUT SMK Negeri 12 Malang ke 16
puncak acara HUT SMK Negeri 12 Malang ke 16
puncak acara HUT SMK Negeri 12 Malang ke 16
puncak acara HUT SMK Negeri 12 Malang ke 16
puncak acara HUT SMK Negeri 12 Malang ke 16

Hasil wawancara yang saya lakukan kepada salah satu siswa yang bernama Mellisa Bella Aprilia dari kelas X AKL 4 tentang perasaan dan harapan untuk SMKN 12 Malang, dia berkata bahwa “menurut saya perasaan ketika mengikuti serangkaian acara hut adalah menyenangkan,saya sangat menikmati acara puncak walau sedikit membosankan di awal tapi benar benar sangat menyenangkan apalagi saat bernyanyi bersama itu sangat menyenangkan dan harapan untuk SMKN 12 Malang kedepannya semoga tetap maju, dan perbanyak event lagi yang menyenangkan!”

Selain itu, Hasil dari wawancara dari salah satu panitia acara HUT yaitu Revalina Mutiara Puspa dari kelas X AKL 4, dia berkata bahwa “Allhamdulilah aku ngerasa seneng karena banyak banget yang bisa membantu melancarkan acara HUT kemarin. Dari serangkaian acara yang di awali dengan lomba Smecha Got Talent, Putra Putri, Content Creator, Qiro’ah, ternyata antusiasme siswa/i SMKN 12 Malang diluar dugaan ku, kira ku mereka bakal gasuka, dan ga ada minat buat ngikutin gitu. Pastinya bangga juga, karena Allhamdulilah nya staf dan guru-guru ikut berpartisipasi dalam merayakan HUT SMKN 12 Malang kemarin. Dibalik sukses nya acara, kalau tidak ada mereka, ga bakal bisa terlengkapi jugaa. Intinya, aku happy, bangga, dan ngerasa solidaritas SMKN 12 Malang ini kuat bangett!. Lalu untuk kritik dan saran dari saya :

  1. Kalau dari segi pembelajaran : jangan diterus-terusin dikasi PR sebelum peserta didik sudah memahami materi yang terkait. Karena setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda.
  2. Semoga SMKN 12 Malang, tetep bisa menjaga komunikasi dengan baik, makin baik.
  3. Dan yang paling penting, semoga peserta didik makin taat, karena dibalik sukses nya sekolah. Juga dari peserta didiknya yang berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *