Datangkan Peserta Didik Baru, SMKN 12 Malang Lakasanakan PPDB Secara Online

Ditulis oleh : Roy Lingga Loka Ulumansyah/X AKL 4 Asty Anggun Pratiwi/X AKL4

Editor : Aulia Salsa Nabila/ X PPPL 2


Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan agenda tahunan tiap jenjang sekolah. PPDB adalah proses pendaftaran bagi calon peserta didik baru yang lulus dan menuju ke jenjang pendidikan selanjutnya. Proses ini dilaksanakan secara online dengan sistem khusus yang dibuat oleh dinas pendidikan dan diterapkan oleh semua sekolah. Sistem atau jalur pendaftaran yang ditetapkan sangat beragam sehingga memudahkan peserta didik dalam mengambil jalur pendaftaran sesuai yang diinginkan.

Saat ini SMKN 12 Malang ikut melaksanakan kegiatan PPDB guna menerima calon peserta didik baru tahun ajaran 2023/2024. PPDB SMKN 12 Malang dilakukan secara online namun untuk tahap daftar ulang dilakukan secara offline. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang server SMKN 12 Malang. Banyak para wali calon peserta didik yang mendampingi para calon peserta didik untuk melakukan tahap daftar ulang. Sebelum menginjak tahap daftar ulang para calon pesera didik harus melakukan beberapa tahapan. Yang pertama tahap entry nilai, yang kedua tahap pengambilan pin PPDB, yang ketiga tahap pendaftaran kemudian yang terakhir tahap pengumuman hasil seleksi PPDB setelah pengumuman inilah para calon peserta didik melakukan tahap daftar ulang. Yang wajib dilakukan pada saat daftar ulang yaitu menyerahkan bukti penerimaan, foto copy Ijazah atau Surat Keterangan Lulus yang dikeluarkan oleh sekolah asal dan menunjukkan dokumen aslinya, foto copy KK/SKD dan menunjukkan dokumen aslinya, serta dokumen lain yang telah ditentukan oleh sekolah tempat diterima/tujuan

Selain tahapan tersebut, PPDB juga dilaksanakan melalui beberapa jalur yang juga dilakukan dan diumumkan secara bertahap melalui website resmi. Tahap dan jalur pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2023/2024 sebagai berikut:
A. Tahap I (Online, 19-20 Juni 2023)
– Jalur Afirmasi (SMA/SMK)
– Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/wali (SMA/SMK)
– Jalur Prestasi Hasil Lomba (SMA/SMK)
B. Tahap II (Online, 24-25 Juni 2023)
Jalur Prestasi Nilai Akademik (SMA)
C. Tahap III (Online, 27-28 Juni 2023)
Jalur Zonasi (SMK)
D. Tahap IV (Online, 1-2 Juli 2023)
Jalur Zonasi (SMA)
E Tahap V (Online, 4-5 Juli 2023)
Jalur Prestasi Nilai Akademik (SMK)

Nabila Aulia
Nabila Aulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *