Sosialisasi Kelas Pajak dan Reguler Plus, Program jurusan gandeng DUDI

Penulis : Tasya Miftakhul Jannah (XI AKL 2)

Editor : Aulia Salsa Nabila (XI PPLG 2)

Jurusan akuntansi merupakan bidang studi yang mempelajari materi seputar tentang keuangan, auditing, manajemen, pelaporan, penganggaran, hingga perpajakan. Sama halnya seperti di SMKN 12 Malang, para peserta didik jurusan akuntansi di kelas XI akan dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelas reguler, kelas reguler plus dan kelas khusus perpajakan. Kelas khusus perpajakan merupakan kelas yang sama halnya seperti kelas biasa (reguler) akan tetapi terdapat tambahan materi tentang pajak yang lebih mendalam dan mendapat pengawalan, pendampingan, serta pengawasan dari PT Cipta Sarana Cendekia selaku DUDI yang bekerja sama dengan SMKN 12 Malang.

Pada hari kamis, 20 Juli 2023, SMKN 12 Malang melakukan sosialisasi kelas khusus perpajakan program akuntansi dan keuangan lembaga dimana dalam kegiatan tersebut bapak ibu guru turut mengundang para peserta didik serta wali murid dari kelas khusus perpajakan. Pada sosialiasi tersebut Ibu Niken Sutowijaya, S. Ak selaku perwakilan dari PT Cipta Sarana Cendekia menjelaskan tentang seputar gambaran kelas khusus perpajakan dimana pada program kelas khusus perpajakan tidak hanya sesuai dengan kurikulum nasional tetapi juga disesuaikan dengan kurikulum DUDI dengan kondisi riil di lapangan. Terdapat beberapa fasilitas yang didapat pada program kelas khusus perpajakan yaitu kegiatan guru tamu dan monitoring berkala kurang lebih 6-8 kali selama 2 tahun dengan berbagai macam topik yang berbeda-beda, Pengadaan Modul Pembelajaran, Perluasan wawasan dan softskill yang linear selama pkl dalam 6 bulan yang terdiri dari 2 bulan pkl terbaru dan 4 bulan pkl reguler,Sertifikasi pendamping Ijazah serta Sertifikasi Brevet A dan B.

Terdapat beberapa perbedaan dari kelas khusus perpajakan dan reguler plus. Yang pertama adalah dalam segi seleksi, pada kelas reguler plus tidak perlu adanya seleksi para peserta didik sudah bisa masuk secara sukarela akan tetapi kalau di kelas khusus perpajakan para peserta didik wajib lulus seleksi terlebih dahulu. Kemudian fasilitas yang di dapat oleh kelas reguler plus antara lain yaitu Sertifikat Brevet A, Guru tamu kurang lebih 6-8 kali selama 2 tahun, PKL terpadu dalam waktu 1 bulan. Lalu, terdapat juga program yang hanya tersedia di kelas khusus perpajakan yaitu weekly task atau tugas mingguan yang secara intensif sebagai bentuk perhatian yang akan di pantau oleh PT Cipta Sarana Cendekia baik secara online melalui zoom maupun tatap muka. Tak hanya itu, perbedaan dalam segi pembelajaran antara 2 kelas tersebut sangat berbeda, modul yang diberikan kepada kelas khusus perpajakan lebih lengkap, sedangkan di kelas reguler plus tidak ada pengadaan modul sama sekali kecuali modul yang didapat ketika peserta didik melakukan pkl selama 1 bulan di kantor PT Cipta Sarana Cendekia.

Harapan Ibu Niken Sutowijaya, S. Ak selaku perwakilan dari PT Cipta Sarana Cendekia untuk kedepannya kepada angkatan 7, Beliau mengatakan bahwa “harapannya untuk Angkatan ke 7, semoga pastinya harapannya lebih baik dari angkatan-angkatan yang sebelumnya walaupun menurut kita angkatan sebelumnya juga sudah sangat baik, tapi semoga dengan dibukanya angkatan ke 7 ini bisa menjadi contoh nanti kedepannya untuk angkatan-angkatan berikutnya, lancar semuanya tidak ada yang pecah, yang awalnya peserta didik jumlahnya 36 sampai lulus nanti tetap 36,semua dapat mengikuti program kelas khusus dengan baik, lancar dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *