Gelar Upacara, Peringati Hari Pramuka

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti Orang Muda yang Suka Berkarya. Kepramukaan adalah organisasi yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Gerakan pramuka bertujuan membentuk anggota yang berkepribadian disiplin, beriman, berakhlak mulia serta berjiwa patriotisme dan nasionalisme. Pramuka adalah sebutan bagi anggota pramuka yang terdiri dari Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Pramuka merupakan organisasi penting yang bersifat universal hingga pada tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka.

SMK Negeri 12 Malang ikut memperingati Hari Pramuka yang ke-62 dengan melaksanakan upacara Hari Pramuka. Kegiatan ini tidak dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2023 melainkan pada tanggal 11 Agustus 2023 bertepatan di hari Jumat. Diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dan XI SMK Negeri 12 Malang. Selaras dengan kegiatannya peserta Upacara Hari Pramuka mengenakan seragam pramuka dengan atribut lengkap. Banyak yang menarik dari Upacara Hari Pramuka ini, seperti pembacaan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka serta menyanyikan lagu Hymne Pramuka.

Dalam Upacara kali ini Drs. Suryanto, M.Pd selaku Bapak Kepala SMK Negeri 12 Malang berpesan dalam amanatnya

Pramuka itu penting untuk mendidik karakter, mental, dan kepribadian peserta didik dimana sebagai peserta didik SMK membutuhkan hal tersebut untuk menghadapi dunia kerja. Selain itu, Pramuka juga menjadi tonggak penerus bangsa yang berkarakter

Beliau juga berharap dengan adanya Upacara peringatan Hari Pramuka ini, para peserta didik SMK Negeri 12 Malang semakin membara semangatnya untuk mengikuti kegiatan pramuka di sekolah dan juga memiliki karakter serta kepribadian yang lebih baik.

DItulis oleh : Asty Anggun Pratiwi XI AKL 2

Editor : Aulia Salsa Nabila XI PPLG 2

Dana Sunumarta
Dana Sunumarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *