Sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri, SMK Negeri 12 Malang laksanakan kegiatan Jumat bersih

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli lingkungan sehat, bersih, serta lingkungan yang indah. Program Adiwiyata sendiri bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah dan menyadarkan warga sekolah akan lingkungan, sehingga dapat turut bertanggung jawab dalam penyelamatan lingkungan. Tetapi ada beberapa siswa-siswi yang melanggar adanya Adiwiyata contohnya seperti memakai sampah plastik, membuang sampah sembarangan, dan bahkan masih ada yang menjual minuman menggunakan bahan yang tidak dapat didaur ulang atau sulit diuraikan.

Oleh karena itu, SMK negeri 12 Malang menjalankan program Jumat bersih untuk menjaga agar lingkungan sekolah menjadi lebih baik, sehat, dan bersih. Program Jumat bersih berisikan pelaksanaan kegiatan pelestarian lingkungan sekolah, seperti membersihkan selokan, membersihkan kelas masing-masing, membersihkan masjid, memelihara taman, dan lain sebagainya. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah SMK negeri 12 Malang pada tanggal 8 September 2023 mulai pukul 07.00-09.00 WIB, program Jumat bersih ini dilakukan oleh seluruh warga sekolah dengan tugas yang berbeda-beda. Ada yang membersihkan selokan, membersihkan kelas, menyiram tanaman, menyapu disekitar kandang merpati, membersihkan panggung batik, dan membersihkan UKS.

Kegiatan ini dilaksanakan diberbagai tempat seperti dikelas masing-masing, laboratorium, masjid, panggung batik, kandang burung merpati, ruang UKS, dan taman. Tujuan diselenggarakannya kegiatan sekolah Adiwiyata ini adalah membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. Seluruh warga sekolah ikut berpartisipasi dalam kegiatan sekolah Adiwiyata (jumat bersih), mulai dari siswa-siswi, guru, maupun karyawan.


Para warga sekolah SMK Negeri 12 Malang berharap agar kegiatan ini terus berjalan hingga nanti, semakin berkembang untuk kedepannya dan sekolah SMKN 12 Malang bisa tetap mendapatkan tingkat Adiwiyata mandiri sampai generasi selanjutnya.

Penulis: Vira Aulya X TKJ 2

Editor: Asty Anggun P. XI AKL 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *