Maraknya penyakit TBC Pada Anak Remaja, SMK Negeri 12 Malang Lakukan Pengecekan Agar Tidak Terjadi Penularan.

TBC (Tuberculosis) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri tersebut memiliki pengaruh jika masuk kedalam paru-paru dan dapat mengidap sesak nafas yang disertai batuk kronis. Lalu, apakah penyakit TBC bisa menular?, Ya penyakit TBC bisa menular maka itu kita semua perlu sangat waspada. Berdasarkan data dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), sekitar pada tahun 2020 sebanyak 1,5 orang meninggal akibat TBC. Penyakit TBC bisa menular dengan berkontak fisik dengan orang yang terkena, lingkungan yang kurang bersih, merokok, nutrisi yang buruk, usia, dan juga kekebalan tubuh yang lemah, Selain itu penyakit TBC lebih sering terkena oleh remaja laki-laki dibandingkan Perempuan. 

Skrining TBC adalah prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi tuberkulosis atau tidak. Skrining ini tidak hanya dilakukan pada orang dewasa saja melainkan juga pada remaja. Hal ini sangat perlu dilakukan pada instansi pendidikan. Apabila dalam satu sekolah terdapat satu anak yang terinfeksi maka dapat menularkan pada peserta didik lainnya. Pada tanggal 19 September 2023 SMK Negeri 12 Malang melakukan pengecekan kepada peserta didik yang terjaring tanda-tanda terkenanhya TBC. Hal ini dilakukan demi Kesehatan para peserta didik . Hanya ada dua kelas yang melakukan pengecekan TBC yaitu XI TO-4 dan XI PPLG 1. Pengecekan tersebut dilalukan dengan cara tes Mantoux dan ambil darah. Tentunyah al tersebut dilakukan dalam pengawasan yang tepat oleh pihak Puskesmas Polowijen. 

Mari saling menjaga Kesehatan diri kita agar tidak mudah terjalin penyakit. Ingat, lebih baik mencegah dari pada mengobati!, Sehat dimulai dari diri saya.

Penulis: Azza Syafrinia Aulia Putri XI AKL 2

Editor: Asty Anggun Pratiwi XI AKL 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *