Outing Class dan Hardskill TSM & TKR

Malang, 23 November 2023 – Sebagai upaya untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam dunia industri, SMKN 12 Malang menggelar kegiatan Outing Class dan Hardskill bagi siswa kelas XI program TSM (Teknik Sepeda Motor) dan TKR (Teknik Kendaraan Ringan), yang sekarang digabung menjadi satu jurusan TO (Teknik Otomotif). Kegiatan ini diikuti oleh siswa dari kelas XI TO 4, XI TO 1 dan XI TO 5.

Outing Class bagi kelas XI TO 4, XI TO 5, dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 16 November 2023, sementara Outing Class kelas XI TO 1 dijadwalkan pada tanggal 21 November 2023. Masing-masing kelas mengunjungi lokasi berbeda, dengan TSM berkunjung ke MPM Basuki Rahmat Malang dan TKR ke Daihatsu Jolo

Lalu dilanjutkan dengan kegiatan Hardskill TSM diadakan pada tanggal 22 November 2023, di Bengkel TSM SMKN 12 Malang. Sementara itu, Hardskill TKR diadakan pada tanggal 23 November 2023, juga di Bengkel TSM SMKN 12 Malang. Acara Hardskill dihadiri oleh guru tamu dari MPM Basuki Rahmat Malang untuk TSM dengan materi “Perawatan Berkala Sepeda Motor,” dan dari Daihatsu Jolo untuk TKR dengan materi “Perawatan Berkala Kendaraan Ringan.”

Bapak Aan, salah satu staf pengajar di SMKN 12 Malang, menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan Outing Class adalah memberikan pemahaman kepada siswa mengenai budaya industri. Melalui pengalaman ini, diharapkan siswa dapat memahami dunia kerja, kedisiplinan, dan aturan yang berlaku. Sementara tujuan dari kegiatan Hardskill adalah memberikan bekal kepada siswa sebagai persiapan untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL).

“Yang diutamakan peserta Outing Class untuk Hardskill adalah kelas yang akan diberangkatkan PKL, jadi tidak semua kelas mengikuti kegiatan ini,” ungkap Bapak Aan.

Usai kegiatan Hardskill, para siswa akan melanjutkan dengan PKL yang direncanakan akan berlangsung selama enam bulan, mulai dari 1 Januari hingga 30 Desember. Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan Outing Class adalah penyesuaian jadwal belajar siswa.

Bapak Aan juga menambahkan harapan untuk PKL nanti, yakni agar para siswa dapat lebih memahami budaya industri melalui pengalaman Outing Class dan memiliki pengetahuan praktis mengenai perawatan berkala, baik untuk sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Selain itu, diharapkan hal ini akan menjadi bekal berharga bagi masa depan mereka saat terjun ke dunia kerja sesuai dengan jurusan yang diambil.

Reporter : Moch. Catur Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *