Semangat Baru Pada Diklat PMR SMKN 12 Malang 2023

Malang, 25 November 2023 – SMKN 12 Malang menggelar kegiatan Diklat PMR yang penuh semangat dan keceriaan untuk tahun ajaran 2023-2024. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan siswa dalam Palang Merah Remaja (PMR), tetapi juga memberikan suasana yang menyenangkan dan penuh kegembiraan.

Kegiatan ini diadakan dengan penuh rasa antusias dari seluruh peserta anggota PMR SMKN 12 Malang. Ketua pelaksana, Anggraeni Cinta Ramadhani, berhasil memimpin seluruh rangkaian acara dengan baik.

dimulai dengan Jalan Sehat yang diikuti oleh seluruh peserta Diklat. Rute jalan sehat mengelilingi sekolah, menciptakan suasana yang sehat dan penuh semangat. Peserta tampak bersemangat sambil berbaur dengan teman-teman seangkatannya.Acara ini tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga mempererat rasa solidaritas di antara peserta.

Salah satu momen menarik dalam kegiatan ini adalah quiz berhadiah permen untuk setiap regu yang berhasil menjawab. Hal ini tidak hanya menguji pengetahuan anggota PMR, tetapi juga menambah keseruan acara. Para pemenang quiz materi bahkan diizinkan untuk kembali masuk ke dalam sekolah, memberikan semangat tambahan bagi seluruh peserta.

Tak ketinggalan, pertunjukan yel-yel dari setiap regu sukses menghibur seluruh peserta. Suasana penuh semangat dan riang gembira terpancar dari ekspresi wajah para peserta yang berpartisipasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan quiz per regu, dimana 2 orang dari setiap regu berkesempatan untuk mengikuti. Sementara itu, anggota regu PMR lainnya mendapatkan praktik  langsung dalam penanganan patah tulang dan cedera di kepala. Ini merupakan upaya yang sangat penting untuk mempersiapkan mereka menghadapi situasi darurat di sekitar sekolah.

Istirahat makan dan sholat menjadi waktu untuk merefresh pikiran dan mengisi energi peserta. Suasana kebersamaan terlihat saat peserta duduk bersama, berbagi pengalaman, dan menikmati santap bersama.

Setelah waktu istirahat berakhir semua peserta diklat dikumpulkan di lapangan indoor untuk mengikuti games mencari Bet PMR yang disembunyikan menjadi kegiatan seru dan menantang. Peserta harus bekerja sama dan menggunakan pengetahuan mereka untuk menemukan Bet PMR yang tersembunyi di sekitar area kegiatan.

Acara ditutup dengan Sertijab, di mana pengurus PMR yang lama secara simbolis menyerahkan tanggung jawabnya kepada pengurus PMR yang baru. Ini merupakan momen emosional dan penuh haru, menandai berakhirnya suatu periode dan dimulainya yang baru.

Ketua panitia pelaksana, Anggraeni Cinta Ramadhani, mengungkapkan kebahagiaannya melihat semangat peserta dalam mengikuti setiap kegiatan. “Suasana selama Diklat PMR Tahun 2023-2024 SMKN 12 Malang sangat menyenangkan dan penuh semangat. Kami berharap kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan PMR, tetapi juga membentuk karakter siswa-siswi yang tangguh dan siap membantu sesama,” ujarnya.

Dengan berakhirnya kegiatan Diklat PMR ini, diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari serta menjadi agen perubahan positif di tengah masyarakat

Penulis : Nur Asyifa Cahyandari Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *