Pembekalan dan Persiapan PKL TKR Pertama Kali Di Era Kurikulum Merdeka

Malang, 4 Desember 2023 – Penanggung jawab kelas Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) 2 dan 3 di SMK Negeri 12 Malang, Syaifulloh Irsyandi, memimpin langsung pelaksanaan pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di BaleBatik SMK Negeri 12 Malang. Pembekalan teknis PKL ini merupakan kegiatan yang dirancang oleh Pokja PKL yang berada di bawah koordinasi manajemen Humas.

Mulai bulan Januari 2024, SMKN 12 Malang akan mengimplementasikan PKL untuk Kurikulum Merdeka yang menjadi bagian dalam integrasi siswa dengan kurikulum yang lebih dinamis. Hal ini menandai perubahan signifikan dalam pendekatan pendidikan SMKN 12 Malang.

Lokasi PKL dengan konsentrasi keahlian Teknik Kendaraan Ringan tersebar di berbagai industri otomotif ternama. Beberapa di antaranya adalah Auto 2000 Singosari, Mitsubishi Sun Star Motor, PT. Astra Internasional Daihatsu Malang, Suzuki SBT, UMC Suzuki, Nissan Motor Malang, Auto 2000 Sutoyo, PT. Astra Internasional Isuzu Malang, Daihatsu Jolo Abadi, Toyota Kartikasari, PT. Wijaya Putra, PT. Sukanda Djaya, Bengkel Handoko, Bengkel Soehat, Bengkel Ulum, Bengkel Fokus, dan masih banyak lagi. Keputusan memilih tempat-tempat tersebut didasarkan pada kualitas standar industri yang sesuai dengan kompetensi yang telah dipelajari oleh siswa, selain  itu juga dalam rangka implementasi link and match antara kurikulum yang di di sekolah dengan pihak Industri terutama dalam hal perbaikan kendaraan.

Metode pembekalan praktik kerja lapangan melibatkan aspek rohaniah, karakter, PBB, dinamika kelompok, pengenalan softskill, dan budaya industri. Sholat Dhuha bersama dan doa bersama menjadi bagian dari pembekalan kerohanian, sedangkan pelaksanaan PBB, game dinamika kelompok, dan pengenalan soft skill serta budaya industri melibatkan narasumber langsung dari praktisi di dunia otomotif. Salah satu narasumber yang diundang adalah Mas Aditya Nugroho, Service Advisor di Bengkel Daihatsu Jolo.

Tujuan utama pembekalan PKL adalah membekali siswa dengan softskill yang penting di dunia kerja, serta memahami budaya kerja di bengkel. Hal ini diharapkan memberikan gambaran yang jelas tentang situasi dan kondisi bengkel, sehingga siswa memiliki karakter dan mental yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan masyarakat.

Dengan demikian, PKL di SMK Negeri 12 Malang tidak hanya menjadi peluang bagi siswa untuk mengasah keterampilan teknis mereka, tetapi juga untuk mengembangkan karakter dan sikap yang siap menghadapi tantangan di dunia industri.

Penulis: Nur Asyifa Cahyandari Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *