Pembekalan PKL & Guru Tamu Softskill Budaya Industri Untuk Siswa XI DKV 1 & XI PPLG 2

Malang, 5 Desember 2023 – Sebagai bagian dari persiapan menuju dunia kerja industri, siswa kelas XI DKV 1 dan XI PPLG 2 mengikuti kegiatan pembekalan pada hari ini di Balai Batik SMKN 12 Malang. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan membekali siswa terkait dengan Softskill yang diperlukan dalam dunia industri.

Pembekalan Softskill ini menjadi langkah progresif setelah sebelumnya fokus pada Hardskill. Pembekalan kali ini menekankan pada banyak pemahaman tentang sopan santun, etika, dan lain sebagainya, contohnya adalah Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di dunia kerja. Hal ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana siswa dapat beradaptasi dan berkembang dalam lingkungan kerja. Pemateri untuk kegiatan ini berasal dari dua lembaga, yakni DOT Indonesia dan Rakryan. Mereka memberikan pandangan yang berharga terkait dengan Softskill yang sangat dihargai di dunia kerja.

Selain itu, Sekolah memberikan 2 Opsi saat siswa yang hendak melaksanakan PKL dengan syarat dan ketentuannya masing masing. Mereka dapat memilih sendiri tempat PKL atau memilih opsi lain, yaitu dipilihkan oleh pihak sekolah.

“Pembekalan pada hari ini juga jauh lebih interaktif antara siswa dan pemateri,” ujar Bapak Sandi. “Harapan kami untuk peserta PKL adalah semoga mereka mendapatkan kelancaran dalam menjalani PKL, mendapat ilmu yang berharga di tempat PKL, dan dapat meningkatkan kompetensi yang mereka miliki,” tambah Bapak Sandi.

Dengan adanya pembekalan ini, SMKN 12 Malang berkomitmen untuk melahirkan generasi muda yang tidak hanya mahir dalam Hardskill tetapi juga memiliki Softskill yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja.

Penulis : M. Catur Ramadhani (X TJKT 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *