Peserta Didik SMK Negeri 12 Malang Jurusan XI AKL 1 dan XI AKL 2 Siap Menghadapi Dunia Industri melalui Kegiatan Pembekalan PKL

Malang, 07 Desember 2023 – peserta didik kelas XI AKL 1 dan XI AKL 2 di SMK Negeri 12 Malang menggelar kegiatan pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan tujuan utama mempersiapkan mereka menghadapi dunia industri. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali peserta didik dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di lingkungan kerja serta mengembangkan softskill, termasuk keterampilan berkomunikasi, berkolaborasi, beradaptasi, dan bersikap sopan santun.

Pembekalan dilaksanakan di lapangan indoor dan balebatik SMK Negeri 12 Malang. Dimulai pukul 07.00, kegiatan ini dibuka dengan bina kerohanian yang dipimpin oleh guru agama sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai spiritual di lingkungan kerja. diikuti dengan materi tentang softskill dan budaya industri di balebatik. Pemateri utama adalah Bapak Adien Setya Suwandi, Accounting Supervisor Finance dari PT. Jantra Group.

Meskipun kegiatan ini memiliki manfaat besar, beberapa kendala seperti penjadwalan waktu yang tidak sesuai dengan jadwalnya tetap dihadapi. Pihak sekolah tetap berusaha memaksimalkan pembekalan dengan menambahkan elemen dinamika kelompok, yang bertujuan membangun kerjasama dan keterampilan sosial peserta didik.

Menjelang periode semester depan, tepatnya pada bulan Januari – Juni 2024, peserta didik akan melaksanakan PKL di tempat industri yang telah ditentukan. Sekolah memberikan dua opsi bagi siswa saat memilih tempat PKL, yakni memilih sendiri atau dipilihkan oleh pihak sekolah. Jika ada peserta didik yang belum siap secara mental, pihak sekolah akan memberikan pembinaan dan bimbingan kepada guru BK agar peserta didik dapat mengatasi ketidaksiapan mereka. Pernyataan Bapak Sandi selaku Penanggungjawab PKL.Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya kompetensi atau fokus, sehingga memerlukan bantuan dari guru jurusan.”

Dengan adanya kegiatan pembekalan ini, SMK Negeri 12 Malang berkomitmen untuk melahirkan generasi muda yang tidak hanya mahir dalam hardskill tetapi juga memiliki softskill yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja.

Penulis : Intan Alya Sahra Wirani (XI AKL 4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *